Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Schouwburg, KPR Bakal Berkolaborasi dengan Empat Musisi Ini

Kompas.com - 11/12/2017, 16:12 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Band Kelompok Penerbang Roket (KPR) akan mengandeng empat musisi untuk berkolaborasi dalam pertunjukan sekaligus merekam secara live penampilan mereka itu di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), Jakarta Pusat, Minggu, 17 Desember 2017.

Empat musisi tersebut adalah pemain gitar Absar Lebeh dari Mooner, pemain kibor Harry Anggoman, Kalula, dan Once Mekel.

"Musisi tamu ada empat. Mereka Absar, Harry Anggoman, Kalula, dan Once Mekel," kata Rey saat berkunjung ke kantor redaksi Kompas.com, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2017).

Pertunjukan di gedung yang mulai digunakan pada 1821 dan dinamai Batavia Schouwburg tersebut merupakan bagian dari A Night at Schouwburg, sebuah program konser yang hasil rekamannya akan dirilis dalam format album live.

Menurut Coki, nama-nama tersebut merupakan hasil rembukan antara pihaknya dan para personel KPR, yakni John Paul Patton alias Coki (bas dan vokal), Rey Marshall (gitar), dan Viki Vikranta (drum).

"Kami semua komunikasikan supaya enggak cuma pertimbangan dari sisi kami. KPR harus nyaman, karena mereka yang manggung," kata Coki.

Menurut Coki, KPR sudah berkolaborasi dengan Absar sebelum proyek ini, yakni ketika KPR melakukan konser di Melbourne, Australia. Absar dan bandnya, Mooner, yang mengikuti tur itu.

Begitu juga dengan Harry yang pernah satu panggung dengan KPR dalam sebuah festival.

Hal yang sama untuk Harry atas permintaan KPR. Apalagi Harry pernah manggung sekali

"Absar dan Om Harry memang dari KPR yang mau. Kami melihat Harry masuk untuk genre ini. Kolaborasi lintas generasi kan menarik," kata Coki.

Sementara itu mereka meminta Kalula karena ingin ada warna yang berbeda. Apalagi genre musik yang diusung oleh KPR dan Kalula berbeda.

"Kalula secara genre jauh. Ini juga menarik tampilan nanti di panggung dan rekaman. Aransemen akan jadi apa belum tahu," ucapnya.

Sedangkan terkait nama Once, Coki mengaku butuh warna yang serupa untuk menyeimbangkan warna vokalis KPR.

"Dia (Once) vokalis rock. Vokal Coki (vokalis KPR) kan juga di nada tinggi, jadi kami cari vokal yang bernada tinggi dan cukup diketahui publik. Kami mau juga ada nama besar. Semua kombinasi ada di Once," kata dia.

Bahkan, kata Coki, Once amat antusias dengan pertunjukan tersebut.

"Dia excited. Dia nanya ke gua, 'Emang KPR mau nih? Entar gua mau mereka enggak mau nih?' Mau kok, yang namanya kami ngundang berarti pasti mau. Itu menunjukkan dia excited," kata dia.

Baca juga : KPR Bakal Tunjukan Sisi Liarnya lewat Pertunjukan Musikal

"Di sini enggak ada senior dan junior. (KPR dan Once) Sudah latihan bersama dan lancar sekali, cepat nyambungnya," kata Coki.

"Langsung cocok," timpal Rey.

"Langsung goyang," sahut juga Coki 'KPR'.

Baca juga : KPR: A Night at Schouwburg adalah Sebuah Penghargaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com