Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Syarat Utama Jadi Komikus di Marvel Comics

Kompas.com - 15/01/2018, 21:42 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Editor in chief Marvel Comics, CB Cebulski, mengungkap bahwa ada tiga syarat utama untuk menjadi komikus atau ilustrator di Marvel.

"Ada aturan lama yang bilang bahwa untuk menjadi komikus, kau harus bekerja dengan baik, cepat, dan ramah," ujar Cebulski salam wawancara khusus di Universitas Bina Nusantara, Jakarta Barat, baru-baru ini.

"Kalau kau punya dua diantaranya kau mungkin bekerja. Jika punya tiga-tiganya kamu memiliki pekerjaan seumur hidup," lanjutnya.

Namun, bukan itu yang harus dipenuhi apabila seseorang ingin bekerja di Marvel Comics. Cebulski menyebut salah satu perusahaan publishing kenamaan dunia itu justru mendobrak anggapan lawas tersebut.

[Baca juga : Cerita 4 Ilustrator Indonesia Direkrut Marvel Comics ]

"Pertama adalah kau harus punya bakat, tidak hanya soal kemampuan menggambar, tetapi kau juga harus mampu membuat cerita, harus mampu menggerakkan karakter-karakter dari panel ke panel dan halaman ke halaman," ujar Cebulski.

Banyak orang bisa membuat ilustrasi yang indah, namun menurut dia, tidak semua mampu bercerita lewat gambar

"Lalu kau juga tidak harus cepat, karena tiap seniman bekerja dengan kecepatan yang berbeda. Jadi bukannya bekerja cepat, tapi kau harus bekerja keras," ucap Cebulski.

Sebab, seorang komikus punya deadline atau batas waktu yang harus dipenuhi.

[Baca juga : Marvel: Komikus Indonesia Punya Rasa Artistik yang Unik ]

"Ketika kau punya deadline, kau harus menghargai editormu, menghargai kebutuhan Marvel, dan menghargai deadline-mu," ujarnya.

Kemudian yang terakhir, lanjut Cebulski, seorang komikus Marvel harus memiliki personaliti yang terbuka dan bisa bekerja dalam tim.

Pasalnya, untuk mengerjakan sebuah komik, ada setidaknya enam orang yang terlibat. Mereka adalah writer, penciller, inker, colorist, letterer, dan editor.

"Hampir seperti keluarga, kau harus bekerja dengan orang-orang itu setiap hari. Dan kau harus punya personaliti yang terbuka akan ide lain dan bekerja sama dengan orang lain," ujar Cebulski.

"Tapi yang paling penting yang kau juga harus tahu bahwa walaupun itu sebuah pekerjaan, kita tetap harus bersenang-senang karena komik itu tentang bergembira," sambungnya sambil tertawa kecil.

[Baca juga : Membangun Mimpi Jadi Komikus Marvel]

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com