Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita 4 Ilustrator Indonesia Direkrut Marvel Comics

Kompas.com - 12/01/2018, 20:20 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Empat ilustrator asal Indonesia yang kini sukses berkarier di Marvel Comics berbagi kisah mereka ketika kali pertama direkrut oleh perusahaan publishing ternama dunia itu. Mereka adalah Ario Anindito, Miralti Firmansyah, Yasmine Putri, dan Sunny Gho.

"Kaget sih sama sekali enggak disangka-sangka. Karena waktu itu pertama kali saya terima call itu waktu 2014. Waktu itu ada Indonesia Comic Con di Jakarta Utara kalau enggak salah," ujar Yasmine memulai ceritanya di sela acara Marvel Creative Day Out di Universitas Binus, Jakarta Barat, Jumat (12/1/2018).

Dalam acara tersebut, Marvel mengadakan portofolio review untuk merekrut para komikus atau ilustrator. Yasmine kemudian mengirimkan karya-karyanya sekitar sepekan sebelum acara sesuai syarat.

"Setelah itu portofolio review pas hari H-nya. Kalau yang lolos, dipanggil dan kebetulan saya dipanggil. Terus ada satu seleksi lagi, lalu saya di-call via email. Terus abis itu ya udah jalan, Prosesnya cepat," kata Yasmine.

Perempuan yang pernah menjadi art director di perusahaan periklanan itu kemudian bekerja sebagai cover artist untuk Marvel mulai 2015. Ia mengerjakan proyek-proyek di antaranya, Invicible Iron Man, The Amazing Spiderman, Spider Gwen, dan Spider Women.

Baca juga : Marvel: Komikus Indonesia Punya Rasa Artistik yang Unik

Jalan yang sama juga ditempuh Miralti Firmansyah sebelum ia dipercaya Marvel menggarap proyek Star Lord dan Kitty Pride serta The New X-Men '92. Perempuan berambut pendek ini mengikuti sesi portofolio review dalam comic con lokal.

"Saya masuk Marvel juga lewat portofolio review di salah satu lokal comic con. Begitu surprise dan bahagia saat saya terima email dari Marvel. I was like, really? He-he-he. That was my dream," ujar Miralti.

Lalu ada Ario Anindito yang bergabung dengan Marvel pada 2014 lalu. Proyek pertama alumnus Universitas Katolik Parahyangan ini adalah serial Wolverine.

Sebagai penciller dan inker, Ario pernah bertanggung jawab atas ilustrasi Venom: Space Knight dan Agent of Shield. Saat dipilih oleb Marvel, ia menyebut impian masa kecilnya terwujud.

"Kalau saya senang, terharu, bangga, dan bahagia. Karena itu impian sejak kecil," kata Ario singkat.

Baca juga : Marvel Tak Jera Rekrut Ilustrator Indonesia

Sedikit berbeda dari ketiga rekannya, Sunny Gho merupakan salah satu ilustrator Indonesia pertama yang bekerja untuk Marvel Comics. Namun, Sunny baru memulai karier sebagai colorist profesional pada 2013 lalu.

"Saya join Marvel 2009. Ketika itu ditawarin ngewarnai buku kecil delapan halaman. Senang banget karena waktu itu belum ada orang Indonesia yang kerja di Marvel. Jadi tahun itu saya rasa I was one of the first yang bisa kerja di sana," ucapnya.

"Enggak kebayang juga. Kalau terima email dari Amerika biasanya bacanya pagi bangun tidur. Bangu-bangun tuh, 'Wah dapat kerjaan full print, oke yes he-he-he'. Habis delapan halaman itu baru diajakin bikin project yang lebih gede," sambung Sunny.

Ia sudah terlibat dalam berbagai proyek Marvel di antaranya, Civil War 2, Star Wars, dan Secret Empire.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com