Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marvel Tak Jera Rekrut Ilustrator Indonesia

Kompas.com - 12/01/2018, 16:41 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Marvel Comics tak kapok atau berhenti merekrut ilustrator dari Indonesia setelah terjadi kontroversi yang ditimbulkan seorang komikus asal Indonesia beberapa waktu lalu.

"Itu tidak mengubah opini Marvel terhadap orang-orang berbakat baik itu dari negara lain atau bahkan Indonesia. Jadi, kami tetap membuka lowongan bagi semua orang," kata Editor in Chief Marvel Comics, CB Cebulski, di sela acara Marvel Creative Day Out di Universitas Binus, Jakarta Barat, Jumat (12/1/2018).

Ia menyayangkan apa yang terjadi pada komikus tersebut. Namun, Cebulski menegaskan bahwa satu seniman tidak berarti merefleksikan satu negara, hanya karena sang seniman berasal dari situ.

"Itu hanya sebuah aksi individu yang dia lakukan, yang dia pilih, dan dia tahu konsekuensinya," kata Cebulski.

Baca juga : Marvel Comics Buka Pintu Lebar untuk Ilustrator Indonesia

Menurut dia, Marvel sejak awal sudah selektif dalam perekrutan ilustrator atau komikus. Namun, yang menjadi kriteria utama adalah kemampuan dan pribadinya, bukan latar belakangnya.

"Marvel selalu sangat selektif sejak awal ketika akan memperkerjakan seorang seniman, baik dari segi kemampuan atau pun etos kerjanya," kata Cebulski.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com