Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mo Sidik Ingin Ulang Kesuksesan Tur Internasionalnya

Kompas.com - 16/01/2018, 16:45 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Komika Mo Sidik berpendapat bahwa seorang komika perlu menggelar tur stand up comedy untuk menambah jam terbang. Tur itu bisa dalam skala nasional atau internasional.

Mo mengatakan, tur merupakan sebuah pencapaian dan rutinitas yang harus dilakoni oleh seorang komika. Komika dia sebut hidup dan berkarya lewat panggung ke panggung.

"Kita habitatnya kan manggung. Gua pengin menyatu dengan teman-teman kita, stand up comedy di berbagai daerah. Intinya sih itu," kata Mo saat dijumpai di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (15/1/2018).

Tur pertama pria 41 tahun tersebut langsung dimulai dengan skala internasional. Ia pergi ke 13 negara dari berbagai benua dan menyinggahi 24 kota.

Baca juga : Pandji Pragiwaksono: Stand Up Comedy Bisa Jadi Profesi

Mo berujar bahwa kesempatan itu datang setelah ia diundang komunitas standup comedy internasional.

Terkait sumber pendanaan untuk tur internasionalnya, Mo mengaku tidak mengeluarkan sepeser pun. Semua ditanggung oleh sponsor yang membiayainya.

"“Gua disponsori, ada dari pemerintah dan lain-lain. Jadi yang saya lakukan adalah cari dan membuat materi dan sebar ke sponsor," ucap Mo.

Berbagai pengalaman dirasakan oleh Mo selama tur internasional. Karena pengalaman itu, ia bahkan berencana untuk mengulang kembali pada pertengahan 2018 hingga 2019 mendatang.

Baca juga : Panji Pragiwaksono: Stand Up Comedy Bukan Cuma Ngebadut

Namun, sebelum Mo menggelar tur internasional yang kali kedua, ia mengaku ingin mencicipi tur nasional lebih dulu. Menurut dia, hal itu harus dilakukannya.

"Gua pengin ke 30 kota di Indonesia tahun ini. Itu target gua sekarang," kata pria bertubuh tambun tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com