Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maia Minta Billy Menyanyi dengan Gaya Zaman Now di Indonesian Idol

Kompas.com - 23/01/2018, 07:38 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kontestan Billy Talahatu bawakan "Berharap Tak Berpisah" milik penyanyi Reza Artamevia di babak 15 besar Indonesian Idol season 9 di Studio 11, MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (22/1/2018).

Juri Maia Estianty menilai penampilan Billy belum mencerminkan tren masa kini. Gaya menyanyi Billy menurut Maia masih berwarna tahun 1990-an.

"Tetapi sekarang kamu harus masuk era kekinian, anak zaman now. Cara nyanyi kamu enggak kekinian. Saya mewakili produser bilang kamu enggak mewakili suara zaman now," ucap Maia.

"Maia galak hari ini," juri lainnya, Ari Lasso, berkomentar.

Judika juga menyampaikan kritiknya untuk Billy. Menurutnya Billy yang sudah matang pada teknik vokal seharusnya bisa menyanyikan lagu dengan penghayatan yang lebih dalam.

"Tapi satu mungkin yang bikin juri ngerasa kamu kurang itu saat kamu sampaikan lirik itu kurang kamu rasakan. Ini kan walaupun temponya up beat tapi kamu kan lagi minta kesempatan. Lo harus hayati," ungkap Judika.

Pembawa acara Daniel Mananta kemudian meminta Judika memberi contoh cara menyanyi ala festival dengan masa sekarang. Daniel beralasan, Judika adalah penyanyi jebolan festival, tetapi dia masih menjadi idola saat ini.

Judika kemudian memiliki lagu "Aku yang Tersakiti". Ia menyanyikannya dengan dua versi, gaya festival dan "zaman now".

"Itu maksud saya," Maia menimpali dari kursinya.

Judika juga menyanyikan "Berharap Tak Berpisah" dengan gayanya untuk memberi contoh bagaimana membawakan itu secara kekinian.

"Eh itu masih festival ya," kata Judika meragukan penampilannya sendiri. Celetukannya itu disambut tawa rekan-rekan jurinya.

Ketika mendapat giliran mengutarakan pendapat, Ari Lasso meminta Billy mengubah cara berpikir ketika menyanyi.

Baca juga : Chandra Bawakan Lagu Gigi di Indonesian Idol, Armand Maulana Apresiasi

Ari menyarankan, Billy mulai berpikir bahwa ia menyanyi untuk menghibur orang meskipun sedang mengikuti Indonesian Idol yang merupakan kompetisi menyanyi.

"Coba mindset kamu itu kamu mau nyanyi, menghibur orang, kamu mau buat orang senang, kagum bukan hanya teknik kamu. Tapi penampilan yang menghibur," kata Ari.

Baca juga : JK Tampil Seksi Saat Nyanyikan Fana Merah Jambu di Indonesian Idol

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com