Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eross: Sejak Awal Musik Sheila On 7 Tidak Egois

Kompas.com - 31/01/2018, 16:32 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan single terbaru, "Film Favorit", band Sheila On 7 mengangkat sesuatu yang akrab dalam kehidupan sehari-hari di masa kini.

Bila pada 2006, Sheila On 7 berbicara tentang radio dengan lagu "Radio", kini mereka menjadikan film sebagai inspirasi lagu. Pencipta lagu "Film Favorit", Eross Candra menjelaskan alasannya memilih film sebagai tema single tersebut.

"Karena memang dari pertama kami memang musiknya bukan musik yang egois, jadi gimana caranya sebanyak mungkin orang bisa merasakan apa yang kami mainkan, dari lirik, musik," kata Eross dalam program Selebrasi, Selebritas Beraksi, yang digelar Kompas.com Entertainment di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (30/1/2018).

Eross dan kawan-kawan meracik hal yang dianggap biasa menjadi sesuatu yang tidak pasaran, sehingga menghasilkan karya seni yang menarik.

"Jadi kadang kami membicarakan hal yang common tapi dengan cara yang lebih elegan, ataupun dengan sudut pandang yang berbeda, itu akan jadi sesuatu yang banyak orang terkoneksi di situ tetapi tidak pasaran," tutur Eross.

"Nah itu seni yang kami lakukan di sini gitu, jadi kalau hari ini kami menangkap wah film ada hal yang bagus bisa diangkat dari film, buat dimasukan ke dalam lagu," sambungnya.

Menurut dia, film bisa membuat para banyak orang bisa terhubung dengan lagu tersebut.

"Terus kenapa dikaitkan dengan film karena saya merasa film itu dekat dengan remaja sekarang, jadi ketika kami membahas sesuatu yang berkaitan dengan film, banyak remaja yang terkoneksi dengan lagu ini," lanjutnya.

Baca juga : Sheila On 7 Ungkap Pemberi Bumbu Film Favorit

Eross mengatakan pesan yang disampaikan lewat "Film Favorit" adalah jika menginginkan sesuatu seseorang harus mengejar dengan sungguh-sungguh.

"Jadi dia kayak ngomong, oke saya akan memperjuangkan kamu seperti di film favoritmu," imbuhnya.

Baca juga : Sheila On 7 Tampil Lebih Segar di Film Favorit?

Selain itu, "Film Favorit" juga menjadi karya pertama bagi Sheila On 7 yang dilepas secara independen di bawah bendera mereka sendiri, 507 Records, setelah hampir dua dekade di major label.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com