Protes Pelecehan Seksual, Para Artis Berbusana Hitam di Golden Globes

Kompas.com - 08/01/2018, 07:22 WIB
Aktris Meryl Streep (kiri) dan Direktur National Domestic Workers Alliance Ai-jen Poo menghadiri  Golden Globe Awards 2018 di The Beverly Hilton Hotel, Beverly Hills, California, Minggu (7/1/2018). Frazer Harrison/Getty Images/AFPAktris Meryl Streep (kiri) dan Direktur National Domestic Workers Alliance Ai-jen Poo menghadiri Golden Globe Awards 2018 di The Beverly Hilton Hotel, Beverly Hills, California, Minggu (7/1/2018).
EditorKistyarini

KOMPAS.com - Warna hitam akan mendominasi penyelenggaraan Golden Globe Awards 2018 di Los Angeles, California, Minggu (7/1/2018) malam waktu setempat.

Para aktris yang menghadiri salah satu ajang penghargaan perfilman terbesar itu akan mengenakan busana hitam. Sebagai bentuk solidaritas, para aktor juga mengenakan setelan jas hitam.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk protes terhadap budaya pelecehan seksual yang terjadi di Hollywood.

Sebagai informasi, sejak beberapa bulan lalu sejumlah orang kuat Hollywood diungkap telah melakukan pelecehan seksual terhadap sejumlah aktris, aktor, maupun staf.

Tidak sedikit sosok berpengaruh di Hollywood yang terjerat kejahatan tersebut, di antaranya adalah produser Harvey Weinstein dan aktor Kevin Spacey.

Pada 1 Januari 2018 lalu, lebih dari 300 aktris, agensi, dan kaum perempuan di Hollywood meluncurkan inisiatif Time's Up, yakni seruan perubahan kaum perempuan di dunia hiburan untuk kaum perempuan di mana pun.

Simbol dari gerakan itu dimulai dari Golden Globes 2018.

Selain mengenakan busana hitam, para bintang yang hadir akan menyematkan pin Time's Up. Pin itu dirancang oleh desainer kostum Arianne Phillips. Sejauh ini sudah 500 pin yang dibuat.

Selain itu beberapa aktris seperti Meryl Streep, Michelle Williams, Emma Watson, dan Amy Poehler mengajak sejumlah beberapa aktivis kesetaraan gender dan ras pada Golden Globes.

Malam penghargaan Golden Globes 2018 akan dipandu oleh Seth Meyers.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.