Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shane Filan: Menyanyikan Ulang Lagu Penyanyi Lain Itu Susah

Kompas.com - 07/03/2018, 14:59 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Shane Filan, mantan personel boyband Westlife yang kini bersolo karier, baru merilis album ketiganya bertajuk Love Always yang berisi lagu-lagu daur ulang pada Agustus 2017 lalu.

Meski sudah berpengalaman menyanyikan lagu penyanyi lain, baik bersama Westlife maupun ketika solo, Filan rupanya masih menganggap hal itu sulit.

"Selalu mudah menyanyikan ulang lagu-lagu terkenal ketimbang menulis sebuah lagu baru yang bagus. Tapi, menyanyikan ulang lagu orang juga susah," kata Filan dalam wawancara eksklusif dengan Kompas.com di Hotel Four Seasons, Jakarta Selatan, Selasa (6/3/2018).

Bukan perkara teknis, melainkan menurut ayah tiga anak ini ada beban moral yang dipikul karena dibandingkan dengan penyanyi aslinya.

"Pendengar akan membandingkanmu dengan penyanyi aslinya. Jadi, kamu harus betul-betul berhati-hati jika ingin mengubah lagu itu terlalu banyak," ucap Filan.

[Baca juga : Completely, Lagu Paling Personal bagi Shane Filan ]

Karena itu, Filan selalu berusaha setia pada melodi dan lirik lagu yang ia nyanyikan ulang. Pria kelahiran 5 Juli 1979 ini hanya memberi perubahan kecil untuk mempermanis aransemennya.

"Biasanya melodi dan liriknya tetap sama, tapi produksinya sedikit berbeda. Mungkin dengan aransemen akustik, hanya piano mungkin, atau dengan produksi yang lengkap. Jadi saya mencoba untuk menggabungkan itu dalam album ini," kata Filan.

"Ada sedikit perbedaan, tapi tetap terasa orisinil, karena kita tak bisa mengubahnya total. Itu bisa jadi kesalahan besar," tambahnya.

Love Always merupakan album ketiga Shane Filan yang berisi sembilan lagu daur ulang dan tiga lagu baru.

Di antaranya ada lagu "This I Promise You" milik Nsync, "Make You Feel My Love" dari Bob Dylan, "Heaven" yang dipopulerkan Bryan Adams, dan "Eternal Flames" milik The Bangles.

Tiga lagu lainnya adalah ciptaan Filan, yakni "Completely", "Eyes Don't Lie", dan "Crazy Over You".

[Baca juga : Shane Filan Persembahkan Lagu Heaven untuk Sang Istri]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com