Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kimokal Tak Lagi Minta Bantuan Bekraf untuk Tampil di SXSW

Kompas.com - 09/03/2018, 22:11 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Duo elektronik-pop Kimokal menjadi salah satu perwakilan Indonesia yang akan tampil dalam festival musik South by Southwest (SXSW) di Austin, Texas, AS, pada 17 Maret 2018 mendatang.

Namun seperti halnya band Efek Rumah Kaca (ERK), Kimokal memilih tak menggunakan bantuan dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk berangkat ke sana.

Dalam konferensi pers di Double Deer, Jakarta Selatan, Jumat (9/3/2018), gitaris dan kibordis Kimokal, Kimi Rizky, mengatakan sudah belajar dari pengalaman tahun lalu.

"Tahun lalu itu Kimokal sama Bekraf ada beberapa barrier, di mana goal untuk kerja samanya tidak nemu. Mungkin kurang lebih sama seperti ERK yang enggak jadi sama Bekraf. Tapi kami belum sampai sejauh mereka, kalau ERK kan udah lumayan jauh prosesnya sama Bekraf," ucap Kimo.

[Baca juga : Kolaborasi Apik Kelompok Penerbang Roket X Kimokal ]

Tahun lalu, ia dan rekan duonya Kallula Harsynta Esterlita baru melalui proses pembicaraan awal dengan Bekraf. Ketika itu, mereka menyampaikan keinginan untuk menggandeng sponsor lain untuk membiayai kru lain.

Pasalnya, Bekraf membatasi hanya lima personel band yang bisa diberangkatkan. Namun menurut Kimo, pihak Bekraf tak mengizinkan ada sponsor lain selain mereka.

"Nah, tahun ini karena kami sudah learning dari tahun lalu, kami udah enggak mau lagi. Dari awal udah disiasatin," ujar Kimo.

Meski begitu, ia dan Kallula memahami bahwa ada alur birokrasi yang rumit di balik itu, sehingga membatasi Bekraf memberi bantuan.

"Mungkin karena hierarki dan birokrasinya lumayan, jadi mereka lumayan panjang prosesnya," ujar Kimo.

"Bekraf memberi oportuniti lumayan baik kemarin di Konferensi Musik Indonesia. Akhirnya disederhanakan dengan kasih email satu pintu untuk proposal-proposal teman-teman musisi," sambungnya.

[Baca juga : Duo Kimokal Bersiap Tampil di Festival Musik SXSW di Texas]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com