Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akting Kebablasan Ely Sugigi di Pesbukers Berujung Sanksi KPI

Kompas.com - 17/03/2018, 15:10 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Lelucon tak selalu berbuah manis. Hal itulah yang terjadi pada program komedi Pesbuker yang tayang di stasiun televisi ANTV.

Acara variety show yang mulai mengudara pada 2011 itu lagi-lagi mendapat teguran tertulis dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat.

Merujuk pada laman kpi.go.id, Pesbukers edisi 28 Februari dinilai telah melanggar peraturan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI tahun 2002. Lantaran, salah satu bintang tamunya, Ely Sugigi, mengucap kata kasar.

"KPI Pusat menilai muatan tersebut tidak dapat ditampilkan, karena memberikan pengaruh buruk terhadap anak-anak dan remaja," kata Ketua KPI Yuliandre Darwis dalam pernyataan tertulisnya tertanggal 15 Marer 2018.

[Baca juga : KPI Beri Teguran Tertulis untuk Program Pesbukers ANTV ]

KPI Pusat memutuska,n bahwa tayangan tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 9 dan Pasal 14, serta Standar Program Siaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 9 dan Pasal 15 Ayat (1).

Sehingga, KPI Pusat memberikan sanksi administratif berupa Teguran Tertulis terhadap Pesbukers. 

"Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas penghormatan terhadap norma kesopanan dan kesusilaan serta perlindungan anak-anak dan remaja," kata Yuliandre lagi.

Imbasnya, ANTV kemudian memindahkan jam tayang Pesbukers dari yang semula setiap Senin sampai Jumat pukul 16.30 WIB, menjadi pukul 02.00 WIB dini hari.

[Baca juga : KPI: Definisi Alay yang Munculkan Deddy Corbuzier, KPI Sebutnya Tayangan Tak Sehat]

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com