Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alami Pelecehan Seksual, Hannah Al Rashid Maki-maki Pelakunya

Kompas.com - 21/03/2018, 14:34 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Ana Shofiana Syatiri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Hannah Al Rashid menceritakan pengalamannya pernah dilecehkan di jalanan Jakarta. Tidak hanya secara verbal berupa kata-kata porno, tetapi juga secara fisik.

Aktris kelahiran London, 25 Januari 1986, ini mengaku mengalami pelecehan itu hampir setiap hari.

"Kalau orang naik motor terus grepein saya, memegang badan dan tubuh saya, lalu kabur sudah pernah di jalan juga," kata Hannah dalam wawancara di Goethe-Institut Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (21/3/2018).

Pengalaman pelecehan seksual yang menurut dia paling ekstrem, ada seorang pria yang mengeluarkan alat kelaminnya. Hal itu dialaminya dua kali.

Baca juga : Hannah Al Rashid Sempat Tersandung Masalah Bahasa

"Saya lagi jalan terus tiba-tiba melihat saya dengan mata yang aneh, ngeluarin alat kelaminnya, masturbasi di depan saya di siang bolong," ungkapnya.

Artis peran Hannah Al Rashid saat diabadikan di Dmall, Depok, Jawa Barat, Senin (26/6/2017).KOMPAS.com/Dian Reinis Kumampung Artis peran Hannah Al Rashid saat diabadikan di Dmall, Depok, Jawa Barat, Senin (26/6/2017).
Kejadian itu pun membuat Hannah geram. Ia berani mengejar dan memaki-maki orang tersebut.

"Ya, kadang jadi perempuan harus stand up, speak up, berani. Hal itu harus ditunjukkan kepada lelaki agar laki tahu bahwa itu membuat kami tidak nyaman dan agar laki-laki tahu itu tidak baik," ucapnya.

Baca juga : Hannah Al Rashid Sendirian Rayakan Lebaran

Hannah tidak malu menceritakan pengalaman buruknya itu melalui akun media sosialnya agar menjadi pembelajaran untuk para wanita.

"Ternyata pas saya share di Instagram dari followers saya, dapet banyak ratusan DM dari followers saya dengan pengalaman yang serupa," ujarnya.

"Ini sebenarnya big issues, lho. Tapi masih banyak yang menganggap permasalahan ini tabu. Bagaimana kita cari solusi nantinya. Karena banyak wanita yang akan jadi korban," ujar Hanna.

Baca juga : Hannah Al Rashid Jadi Kaki Tangan Roy Marten dalam Do[s]a

Hannah Al Rashid menghadiri acara gala premiere Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 di Plaza Indonesia XXI, Jakarta Pusat, Sabtu (3/12/2016) malam.KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG Hannah Al Rashid menghadiri acara gala premiere Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 di Plaza Indonesia XXI, Jakarta Pusat, Sabtu (3/12/2016) malam.

Kompas TV Korban pun langsung melaporkan kejadian pelecehan ke pihak kepolisian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com