Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ari Lasso Akui Pernah Suntik Steroid untuk Pulihkan Suara

Kompas.com - 10/04/2018, 14:36 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Juri Indonesian Idol 2018 Maia Estianty menyebut finalis Indonesian Idol Joan melakukan suntik steroid untuk memulihkan suaranya. Juri lainnya, Ari Lasso juga mengakui pernah melakukan hal serupa.

Ditemui dalam jumpa pers usai  Spektakuler Show di MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (10/4/2018), Ari Lasso mengaku melakukan suntik steroid untuk memulihkan kesehatannya dengan cepat jelang konser tunggalnya.

"Tapi kita menyadari bahwa itu tidak boleh terus menerus. Akhirnya kita lebih baik menjaga kondisi daripada mengandalkan suntikan," ucap Ari.

"Karena kalau di Singapura itu, suntikan itu hanya boleh enam bulan dua kali. Kayak (pemain) bola, tiba-tiba jatuh ada yang semprot," imbuh Maia.

Bagi Maia, suntikan steroid adalah pertolongan bagi penyanyi yang dituntut untuk cepat pulih.

"Gini, penyanyi pasti mengalami hal seperti itu, karena kadang-kadang kita sebagai entertainer itu pasti enggak fit. Pada Saat kita radang, harus nyanyi. Mau enggak mau kita harus suntik itu. Itu sudah kaya obat dewa yang semuanya ya," jelas Maia.

Baca juga : Penjelasan Joan Indonesian Idol soal Suntik Steroid

Sebelumnya Joan mengatakan bahwa kondisi kesehatannya cukup baik. Namun suaranya sering habis karena ia tidak mampu mengolah napas.

Baca juga : Maia Estianty Kritik Kebiasaan Joan Suntik Steroid untuk Atasi Masalah Vokal

"Mungkin kesalahan Joan belum tahu penempatan nada dan bagaimana teknik bernyanyi. Joan baru tahu ada penempatan suara di Indonesian Idol. Jadi, Joan mau jujur. Banyak pelajaran yang Joan dapat di sini dan ya seperti suara rusak dan lain-lain," kata Joan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com