Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukman Sardi Wajibkan Anaknya Bicara Bahasa Indonesia Saat di Rumah

Kompas.com - 24/05/2018, 22:51 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Menurut artis peran Lukman Sardi, banyaknya sekolah internasional yang menggunakan bahasa Inggris, membuat anak-anak Indonesia tidak fasih dengan bahsa ibu mereka, yaitu bahasa Indonesia.

Hal itu dikatakan saat diwawancarai usai jumpa pers peluncuran film Kulari Ke Pantai, di Gandaria City, Kebayoran, Jakarta Selatan, Kamis (24/5/2018).

"Ini buat gue penting. Kalau yang terjadi sekarang kan karena banyak sekolah internasional, mereka pake basic-nya Inggris," kata Lukman.

"Akhirnya gue liat anak-anak Indonesia yang bahasa Indonesianya malah berantakan, karena terbiasa bahasa Inggris di sekolah," sambungnya.

Baca juga: Lukman Sardi: Kita Perlu Film Anak yang Benar-benar Indonesia

Maka dari itu, sebagai orangtua, Lukman mewajibkan ketiga anaknya untuk berbahasa Indonesia saat di rumah.

"Tapi balik lagi itu gimana concern orangtuanya. Kalau gue sistemnya di sekolah dia bahasa Inggris, tapi di rumah dia ngobrol sama gue harus bahasa Indonesia," ucap bintang film Sang Pemimpi itu.

Menurut Lukman, bahasa Indonesia adalah identitas bangsa yang harus dilestarikan oleh anak-anaknya.

"Karena itu bahasa ibu, penting lo tau bahasa asing, tapi lebih penting lo harus pakai bahasa ibu lo, karena itu identitas. Salah satu identitas bangsa ya bahasa," tuturnya.

"Jadi gue bikin peraturan seperti itu, di rumah enggak ada bahasa Inggris. Kadang-kadang kalau ibunya nyeletuk bahasa Inggris mereka yang ngingetin. Jadi perbandingannya tuh seimbang," sambung Lukman.

Baca juga: Lukman Sardi Ajari Anak Perangi Kekerasan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com