Lukman Sardi Ajari Anak Perangi Kekerasan

Kompas.com - 17/11/2017, 19:11 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Lukman Sardi menyadari pentingnya memerangi kekerasan harus dimulai dari diri sendiri. Dia juga menerapkan hal tersebut kepada ketiga putranya.

"Gue harus memulai semua itu dari diri sendiri. Gue harus sadar betul bahwa kekerasan itu bukan sesuatu yang (baik)," kata Lukman dalam jumpa pers 16 Film Festival di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (17/11/2017).

"Nah gua terapkan ke diri sendiri termasuk ke anak-anak gua. Anak gue semua laki-laki, bagaimana mereka gua ajarkan respect, bukan hanya ngomong tentang perempuan," samungnya.

Pemeran Ahmad Dahlan dalam film Sang Pencerah itu juga menceritakan cara dia mengajarkan kepada anak-anaknya untuk tidak melakukan kekerasan.

"Misalnya ngajarin, biasa anak-anak kan tiba-tiba mukul, bukan berarti gue langsung "enggak boleh pukul" tapi gue juga harus memberi penjelasan terhadap anak gua, kenapa sih itu enggak baik," jelas Lukman.

[Baca juga : Lukman Sardi Ikut Perangi Kekerasan terhadap Perempuan ]

"Gue jelasin kalau mukul itu akan menimbulkan sakit, orang kalau lagi sakit itu enggak enak. Gue balikin lagi, 'kalau kamu dipukul terus sakit enak enggak?' Jadi gue begitu pelan-pelan," lanjut pria kelahiran 14 Juli 1971 itu.

Lukman juga berharap, yang ia ajarkan itu bisa menjadi prinsip yang kuat bagi anak-anaknya.

[Baca juga : Lukman Sardi Sempat Sebal pada Reza Rahadian ]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.