Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ray Sahetapy Bikin Teater Tujuh untuk Penyandang Tunarungu

Kompas.com - 07/06/2018, 10:36 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor kawakan Ray Sahetapy membentuk sebuah teater yang dihuni para penyandang tunarungu.

Hal itu dikatakan Ray saat ditemui usai jumpa pers peluncuran trailer film Santet di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (5/6/2018).

"Sekarang saya menyutradarai teater, aktornya tuli semua. Begini saya bilang ke mereka, kenapa saya mau karena anak saya dua tuli, dan saya punya pengalaman terhadap mereka," kata Ray.

Ray membebaskan para aktornya untuk mengolah cerita mereka sendiri. Teater yang dinamai Teater Tujuh itu memiliki 12 orang pemain.

"Teater Tujuh. Tiga bulan lalu ya (dibentuk). Ada 12 talent, kalau anakku itu penasihat," ucap Ray

"Saya bilang sama mereka saya tidak mau bikin cerita sendiri, tapi saya ingin apa yang kalian mau itu yang saya dukung. Jadi saya bisa mengolah hati mereka," lanjutnya.

Bintang film Santet itu meyakini, ada hal yang bisa diberikan para aktor dari keterbatasan mereka mendengar suara. Teater Tujuh juga berencana menggelat pementasan dalam waktu dekat.

"Saya yakin ada sesuatu di bangsa ini yang bisa diolah oleh teman-teman tuli. Karena meski tuli sensitifitas lain dari mereka akan meningkat. Ruang yang meningkat inilah yang bisa diberikan untuk orang-orang yang tidak tuli," imbuhnya.

Baca juga: Ray Sahetapy Dihukum Tidak Berdialog dalam Film Santet

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com