Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ransel Antipeluru", Kode Khusus Warga Korut untuk Sebut BTS

Kompas.com - 13/07/2018, 13:18 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

Sumber Soompi

KOMPAS.com - Dua grup K-pop, yakni BTS dan Red Velvet, ternyata mendapat tempat tersendiri di hati warga Korea Utara.

Hal itu terungkap dari perbincangan seorang pembelot Korut yang kini menjadi penyiar Han Song Yi pada program "Ji Suk Jin's 2 O'Clock Date" di MBC FM4U.

"Seorang perantaraku di China bilang BTS sangat populer di Korea Utara. Tetapi mereka tidak menyebutnya Bulletproof Boys (terjemahan nama lengkap BTS - Bangtan Sonyeondan), melainkan Bulletproof Backpacks," kata Song Yi seperti dikutip Soompi, Jumat (13/7/2018).

Artinya bulletproof backpacks atau ransel antipeluru menjadi kata kode bagi warga Korut untuk menyebut BTS.

"Kalau ada warga bertanya 'sudahkah kamu mencoba bulletproof backpacks', itu artinya apakah sudah mendengarkan lagu BTS," tutur Song Yi menirukan cerita rekannya.

Ia menjelaskan saat ini banyak satuan tugas yang mengendalikan hallyu atau gelombang Korea di Korut. Karena itulah kode-kode rahasia semacam itu digunakan.

"Mereka bertanya kepadaku lagu-lagu apa yang ada di album baru BTS. Aku bilang ke mereka bahwa aku paling suka lagu 'Fire'. Aku kaget karena ternyata mereka sudah menontonnya," tutur Han Song Yi.

Menurut dia, girlband Red Velvet juga sangat terkenal di Korut. Apalagi mereka baru tampil di dalam sebuah konser persahabatan di Pyongyang.

"Sayangnya, warga Korut tidak tahu yang dimaksud dengan 'Red Flavor', jadi aku bilang bahwa itu rasa selai stroberi," katanya.

"Red Flavor" merupakan salah satu lagu terkenal Red Velvet.

Baca juga: BTS Akan Gelar Pameran Foto Hasil Jepretan Sendiri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Soompi

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com