Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duet Ikaputri-Shakira Hidupkan Lagi "Antara Anyer dan Jakarta"

Kompas.com - 27/07/2018, 21:31 WIB
Irfan Maullana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Apa yang terjadi apabila single "Antara Anyer Dan Jakarta" karya musisi Oddie Agam, yang pernah dipopulerkan Sheilla Majid di era 80-an, kembali diinterpretasikan ulang oleh penyayi Ikaputri dan Shakira Riuwpassa?

Sebagai informasi, Ikaputri dikenal salah satu dari sedikit solois perempuan Indonesia yang masih bertahan di industri musik dengan kekuatan vokalnya yang tetap terjaga. Sedangkan Shakira Riuwpassa adalah penyanyi cilik yang beranjak remaja, dengan kemampuan vokal yang tidak biasa.

Diproduseri Seno M Hardjo, Ika dan Shakira berkolaborasi untuk lagu legendaris yang diberi racikan musik orkestra nan megah milik Elwin Hendriyanto.

Selaku produser, Seno M Hardjo mengatakan bahwa karater vokal yang dimiliki kedua penyanyi ini sangat bertenaga meski mempunyai timbre yang berbeda.

"Kalau Ika itu suaranya mezzo sopran, sementara Shakira itu suaranya ada di alto, suara tipe rendah pada wanita. Kehadiran Ikaputri setelah vakum lima tahun menjadi penanda karier bernyanyinya kembali lagi," kata Seno.

Baca juga: J-Rocks Bangga Diberi Kepercayaan Daur Ulang Lagu Religi Wudhu

Single "Antara Anyer dan Jakarta" yang pernah sukses dinyanyikan oleh Atiek CB pada 1986 silam. Atiek juga dikenal sebagai penyanyi pertamanya, sebelum akhirnya booming ketika dinyanyikan oleh penyanyi kenamaan asal Negeri Jiran, Sheila Majid.

Lantas apakah di tangan Ika dan Shakira single "Antara Anyer dan Jakarta" dapat kembali meledak dengan cita rasa yang lebih kekinian dan mengena di generasi milenial?

Jika pertanyaan itu ditujukan kepada Ika, ia akan dengan sangat hati-hati menjawabnya. Sebab, sepengakuannya, dari dulu dia mengaku sangat menyukai lagu-lagu Sheila Majid.

"Salah satunya adalah lagu 'Antara Anyer dan Jakarta'. Semenjak anak-anak lagu tersebut sering saya bawakan di karaoke untuk sekadar nyanyi atau latihan," kisah Ika Putri.

Ika mengaku tak bisa menolak ketika dirinya mendapatkan kesempatan untuk mendaur ulang single yang diproduseri oleh Seno M Hardjo dan diberi sntuhan aransemen baru milik Elwin Hendriyanto sebagai penata musik.

"Saya langsung excited dan saya tidak banyak mengubah atau melakukan improvisasi supaya sepenuhnya beda atau kekinian. Karena sesungguhnya melodi lagu ini sangat timeless," kata Ika.

Baca juga: Eross Chandra Kaget Dengar Hasil Daur Ulang Lagu Sahabat Sejati

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com