Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reza Rahadian Ingatkan Artis Nyaleg agar Tak Hanya Bawa Nama Pribadi

Kompas.com - 03/08/2018, 09:30 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyaknya artis atau pelaku seni yang menjadi calon legislatif (caleg) tahun ini merupakan langkah yang positif, menurut aktor Reza Rahadian.

Namun, ia berharap rekan-rekan seprofesinya itu tidak hanya mengandalkan nama mereka yang populer.

"Itu hal yang baik. Artinya banyak yang mau terlibat, banyak calon politikus muda dari kalangan seniman, artis, yang mau terjun ke politik. Buat saya itu indikator yang positif aja," kata Reza kepada Kompas.com di Menara Kompas, Jakarta Pusat, Kamis (2/8/2018) malam.

"Tapi saya berharap banget bahwa caleg-caleg dari kalangan seniman ini juga betul-betul menguasai bidangnya. Tidak hanya membawa nama besar pribadi," tambahnya.

Apa pun latar belakangnya, kata Reza, setiap warga negara Indonesia punya hak untuk memilih menjadi politikus. Tak terkecuali pesohor hiburan.

Namun, bagaimana nantinya mereka bisa betul-betul mewakili rakyat baru bisa dibuktikan jika sudah duduk di kursi legislatif.

"Persoalan berikutnya adalah sejauh mana mereka mampu mempertahankan idealisme, visi misi mereka, walaupun di satu sisi mereka harus mempertahankan ideologi partai," kata Reza.

"Tapi seberapa besar mereka bisa membawa perubahan kan kita juga enggak bisa menilai itu hari ini," ujar Reza lagi.

Untuk saat ini, ia hanya berharap para artis yang menjadi caleg bisa bekerja sebaik-baiknya dan kompeten di bidangnya masing-masing nantinya.

"Misalnya mewakili dapil mana gitu. Menguasai daerah pemilihannya itu, situasinya di situ. Sehingga ketika mereka menjadi representatif dari warga setempat, itu tepat. Enggak misleading. Itu harapan ya. Tidak hanya membawa nama besar pribadi," ucapnya.

"Misalnya mereka akan ditempatkan di komisi yang mengurus bidang seni, ya mudah-mudahan bisa membawa perubahan. Bisa memberi dampak positif, bisa memperjuangkan hak-hak para seniman," kata Reza menambahkan.

Baca juga: Reza Rahadian Ungkap Alasan Tak Ikuti Jejak 54 Artis Nyaleg

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com