Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Armada Ingin Menyayat Hati Para Pendengar

Kompas.com - 16/08/2018, 11:54 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Ati Kamil

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Dalam album Dengerin Abang Special Edition milik band Armada ada dua lagu yang dikemas secara khusus, yakni "Asal Kau Bahagia" dan "Dengerin Abang".

Gitaris Armada, Andika Maihendra Yuda atau Mai, mengatakan bahwa lagu "Asal Kau Bahagia" digarap ulang menjadi versi piano supaya terasa perih bagi para pendengarnya.

"Kami pengin bikin sesuatu yang lumayan menyayat hati aja ya," ucap Mai dalam peluncuran album keenam mereka itu di CFC Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (15/8/2018).

"Kan kebanyakan orang cover lagu 'Asal Kau Bahagia' itu mainnya dengan piano doang, jadi akhirnya kami bikin yang versi pianonya," lanjutnya.

Baca juga: Armada Persembahkan Sebuah Album Istimewa

Lalu, lagu "Dengerin Abang" mereka buatkan versi akustiknya agar lebih mudah dimainkan, misalnya oleh mereka yang sedang kumpul-kumpul atau para pengamen.

"Versi akustiknya itu untuk dipakai nongkrong aja. Jadi, bisa dimainin orang buat main-main, buat para pengamen di pinggir jalan," ujar Mai.

Baca juga: Band Armada Curi-curi Waktu untuk Rampungkan Si Doel Anak Betawi

Dua lagu tersebut diambil dari album Maju Terus Pantang Mundur, yang dirilis pada 2017.

Rizal, sang vokalis, menimpali bahwa lagu "Dengerin Abang" terinspirasi dari gaya bermusik band Orkes Moral Pengantar Minum Racun atau PMR. 

"Kami nge-fan banget ama PMR sebenarnya. Jadi, 'Dengerin Abang' ini bukannya nyontek, tapi terinspirasi dari PMR, dibikin suasananya seperti itu," tuturnya.

Baca juga: Band Armada Curi-curi Waktu untuk Rampungkan Si Doel Anak Betawi

Mai menambahkan bahwa tak ada kendala yang mereka temui selama mendaur ulang hit-hit mereka terdahulu untuk album edisi spesial tersebut. Hanya ada penundaan waktu sebentar karena Rizal menikah.

"Sebenarnya kesulitan kami itu kemarin cuma masalah waktu, pas Rizal mau take vokal lagu 'Asal Kau Bahagia' yang versi piano," kata Mai.

"Sebenarnya kemarin terbenturnya karena mau nikah, jadinya beresin urusan pernikahan dulu, habis itu baru urusan kerjaan lagi. Cuma satu minggu doang diundurnya," timpal Rizal lagi.

Baca juga: Kondisi Terakhir Bassist Armada Setelah 6 Tahun Melawan Radang Selaput Otak

Armada lahir pada 2007 dengan nama Kertas. Pada 2008 nama itu diganti menjadi Armada.

Kini band tersebut terdiri dari Rizal, Radha (gitar), Mai (gitar), Endra (bas), dan Andit (drum).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com