Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vino G Bastian: Waktu Papa Riset Wiro Sableng Saya Tahunya Jalan-jalan

Kompas.com - 26/08/2018, 19:27 WIB
Andika Aditia,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Artis peran Vino G Bastian mengatakan waktu masih kecil, ia sering diajak ayahnya, Bastian Tito, pergi ke suatu tempat. Yang tidak dia sadari saat itu adalah ayahnya sedang melakukan riset untuk menulis cerita Wiro Sableng.

“Kalau saya tahunya jalan-jalan, padahal itu lagi riset. Karena Papa kan juga jurnalis, jadi direkam pakai rekaman jadul. Sampai rumah baru diputar lagi buat ditulis," ucap Vino saat ditemui di kegiatan car free day di kawasan Cijantung, Minggu (26/8/2018).

Aktor berusia 36 tahun ini mengaku telah mengunjungi banyak tempat di seluruh pelosok pulau Jawa karena sang ayah.

Bahkan sewaktu kecil Vino mengaku telah berkali-kali berkunjung ke Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

“Saya enggak hafal banget (nama tempat). Tapi dari Jogja sampai pelosok-pelosok, Jawa Timur, Jawa Barat,” ucap Vino.

“Dia perhatiin, dia catat, jadi luar biasa banget,” Vino mengenang perjalanannya dengan sang ayah.

Vino G Bastian pun mengaku ia mendapatkan feel sang ayah ketika memerankan tokoh Wiro Sableng dalam film.

Meskipun begitu, Vino tak ingin sesumbar dan berusaha semaksimal mungkin ketika berakting memerankan tokoh Wiro Sableng.

"Tapi kalau orang bilang yang bintangin anaknya pasti sempurna. Kalau saya sih lebih berakting semaksimal mungkin. Kalau ada kritikan lebih ke saya aja sih sebagai aktor," katanya.

"Setiap pemeran Wiro pasti punya karakter masing-masing. Tapi kalau saya ambil yang lucunya. Tapi enggak selalu lucu, ada saatnya cool, kharismatik. Tapi enggak cuma dari sisi lucunya aja, tapi dari sisi kuat dan tangguhnya itu,” lanjut Vino.

Menurut Vino, ada sedikit perbedaan sinetron Wiro Sableng dengan versi film layar lebar. Vino mengakui bahwa versi film akan lebih murni menggambarkan karakter Wiro Sableng.

Selain itu, gaya bahasa dan candaan yang diterapkan dalam film lebih kekinian, tak seperti versi sinetron yang banyak menggunakan bahasa masa kerajaan.

Meski demikian ia merasa senang bisa beradu akting dengan Ken Sukendro alias Ken Ken, pemeran Wiro versi layar kaca. Menurut Vino, hal itu bisa membuatnya bernostalgia dengan kenangan masa lampau.

Baca juga: Lewat Wiro Sableng, Vino G Bastian Balas Budi Orangtua

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com