Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bernard Dinata Bermaksud Kawinkan Gaya Bermusik Amerika dengan Asia

Kompas.com - 30/08/2018, 17:44 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Ati Kamil

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Satu lagi wajah baru meramaikan industri musik Indonesia. Namanya Bernard Dinata (22), penyanyi solo pria yang mengusung R&B pop.

Mahasiswa Berklee College of Music, Boston, AS, ini merilis singel berjudul "Breeze", yang ia sebut sebagai lagu bercita rasa Asia, termasuk Indonesia, dengan bumbu Amerika.

"Saya ingin menunjukkan kepada orang-orang bahwa (lagu) itu akan menjadi gaya baru dalam bermusik, memberi warna baru di industri musik Indonesia," kata Bernard ketika berkunjung ke kantor Redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Jakarta Pusat, Kamis (30/8/2018).

Baca juga: Berulang Tahun Ke-9, Motion Radio Fokus pada Musik R&B dan Hiphop

Pria yang mengaku suka musik sejak kecil ini mengatakan bahwa ia memiliki misi menggabungkan gaya bermusik Amerika (AS), tempatnya berkuliah, dengan gaya bermusik Asia.

"Saya besar di Singapura dan sekolah di Amerika (AS) dan saya ingin membawa itu ke mari (ke Indonesia) dan menggabungkannya (gaya bermusik negara-negara itu)," ujar Bernard.

"Saya harus memberikan sesuatu yang baru dan berbeda dari semua hal yang sudah saya pelajari di luar negeri," tambah mahasiswa Music Production & Engineering and Songwriting ini.

Baca juga: Luncurkan Singel R&B, Cita Citata Janji Tak Tinggalkan Dangdut

Karena itu, ia berharap ketika para penikmat musik mendengar karya teranyanya, "Breeze", serta beberapa lagunya yang akan datang, mereka akan menghirup hawa baru.

"Merasa yang, 'Wah, apa ini, ini genre yang baru.' Saya rasa itu keren," ucapnya.

Baca juga: Lagu Baru Delon Idol Akan Lebih R&B

Ia pun tak mau menyebut "Breeze" lagu galau. Menurut Bernard, singelnya itu merupakan lagu yang riang dan bikin bahagia.

"Saya bikin di Korea, genrenya R&B pop dengan feel akustik. Lagunya tentang menjalani sebuah hubungan dengan seseorang, tak ada masalah, seperti angin, breeze. Rasa itu yang mau aku transfer ke orang-orang, he he he, pengalaman pribadi," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com