Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisma SM*SH "Berguru" kepada David Bowie Sang Musikus Bunglon

Kompas.com - 07/09/2018, 11:40 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Personel boyband SM*SH, Bisma Karisma, menjadikan mendiang musikus dunia David Bowie sebagai panutan. Semasa hidupnya Bowie terkenal sebagai musikus bunglon dalam hal penampilan dan genre musik.

"Saya selalu belajar dari David Bowie bahwa dia berkarya pakai hati," kata Bisma dalam wawancara di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Kamis (6/9/2018).

Menurut pria berusia 27 tahun ini Bowie berkarya menggunakan insting. Ia berganti-ganti gaya, memiliki banyak alter ego, dan berpindah-pindah genre musik.

Bowie melakukan semua itu atas keinginan sendiri, bukan karena ikut-ikutan tren atau terpengaruh orang lain.

"Dia by instinct, bukan karena ini lagi ramai apa nih. Dia lagi seneng dengan karakter ini karakter itu, kenapa enggak," ujar Bisma.

Bisma mencoba mengadaptasinya ke caranya berkarya di industri hiburan Tanah Air. Ia menjadi bunglon, tidak mau terpaku dalam satu kesenian saja.

Selain bermusik dan berakting, Bisma juga seorang breakdancer dan punya hobi melukis.

"Kalau di film atau web series atau apa pun itu, saya bisa menjadi orang lain. Kalau di musik, saya bisa menjadi orang yang jujur. Apa yang ada di kepala saya, tanpa terbatas dengan label. Sementara saya solo sendiri, indie, sebebas mungkin," kata Bisma. 

"Nah kalau di SM*SH, itu menurunkan ego kami masing-masing. Egonya untuk SM*SH itu seperti apa. Saya harus pakai baju apa, saya harus bersikap seperti apa, itu selalu saya bedakan," ucapnya lagi.

Baca juga: Bisma Karisma Butuh 3 Bulan untuk Lepas dari Teja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com