Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joko Anwar Stimulasi Otaknya dengan Nonton di Bioskop

Kompas.com - 19/09/2018, 19:11 WIB
Irfan Maullana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Joko Anwar terbiasa meluangkan waktunya untuk menonton film di bioskop. Menurut dia, kegiatan ini bisa menstimulasi otaknya.

"Ketika gua stuck nulis skenario, gue nonton. Pergi aja ke bioskop, nonton apa aja. Itu kalau aku, dan ini bukan jawaban yang ngasal, karena gua percaya otak kita ini banyak pintunya, apalagi creative brain," kata Joko dalam kesempatan makan siang bersama yang diadakan Base Entertainment di Basic Instinct Culinary, Lot 22 Sudirman Central Business District, Jakarta Selatan, Selasa (18/8/2018).

Sutradara film horor Pengabdi Setan itu bisa banyak mendapatkan imajinasi begitu dia keluar dari gedung bioskop.

"Begitu kita nonton film yang enggak ada hubungannya dengan cerita kita, karena kita berimajinasi, terus ada stimulan dari film itu maka akan kebuka pintu-pintu itu," kata Joko.

Baca juga: Joko Anwar Abadikan Tiga Judul Film Ini sebagai Tato di Tubuhnya

Sedikitnya ada tiga film terbaik sepanjang masa versi Joko yang melekat di memori kepalanya, yakni Punch Drunk Love, Lost Highway, dan True Romance. Film-film itu Joko saksikan di bioskop.

"Punch Drunk Love, waktu sebelum aku nonton film ini sudah kayak kehilangan kenikmatan nonton film, tapi setelah nonton film ini seperti balik lagi. Oh enak banget," kata Joko tentang film drama komedi-romantis arahan sutradara Paul Thomas Anderson serta dibintangi oleh Adam Sandler dan Emily Watson itu.

Yang kedua Lost Highway, film kriminal yang disutradarai David Lynch ini mencuri perhatian Joko pada 1997 lalu.

Sementara yang terakhir, Joko mengaku menyukai True Romance. American romantic black comedy crime film arahan sutradara Tony Scott ini disebut Joko sebagai film romantis terbaik yang pernah dibuat manusia hingga saat ini.

"Itu film romantis terbaik yang pernah dibikin manusia. Aku kalau nonton trailer-nya itu aaarrgghh... romantis banget. Aku dulu tahun 1993 nonton sampai tiga kali berturut-turut, kalau enggak salah jam satu, jam tiga, jam lima," tutur Joko.

"Punch Drunk Love, waktu sebelum aku nonton film ini sudah kayak kehilangan kenikmatan nonton film, tapi setelah nonton film ini seperti balik lagi. Oh enak banget," kata Joko

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Joko Anwar Abadikan Tiga Judul Film Ini sebagai Tato di Tubuhnya", https://entertainment.kompas.com/read/2018/09/19/171226110/joko-anwar-abadikan-tiga-judul-film-ini-sebagai-tato-di-tubuhnya.
Penulis : Irfan Maullana
Editor : Irfan Maullana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com