Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Promotor Ternama Rinny Noor Meninggal Dunia

Kompas.com - 25/09/2018, 12:16 WIB
Andika Aditia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar duka datang dari dunia musik Tanah Air, promotor ternama Gusti Farinny S Noor atau yang dikenal dengan Rinny Noor meninggal dunia pada Selasa (25/9/2018) dini hari.

Beliau mengembuskan napas terakhirnya pada usia 62 tahun di Rumah Sakit Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, pada pukul 00.23 WIB.

Rencananya beliau akan dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Ampera, Jakarta Selatan, pada Selasa (25/9/2018) siang. Sejumlah rekan-rekan sesama musisi akan mengiringi pemakamannya.

"Iya nanti saya akan ke Jeruk Purut habis dzuhur, beliau dimakamkan di situ abis dzuhur," ucap wartawan musik Adib Hidayat, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (25/9/2018).

Baca juga: Musisi Senior Debby Nasution Meninggal Dunia

Menurut Adib, Rinny sudah cukup lama dirawat di rumah sakit karena sakit yang dialaminya. Namun Adib tak mengetahui pasti penyakit apa yang diderita oleh adik Ida Noor, salah satu personel Noor Bersaudara, grup vokal yang cukup tersohor di tahun 1970-an.

"Setahu saya sudah dua bulan dirawat, tapi saya kurang tahu persis sakitnya apa. Sempet pada nengok, anaknya posting," ucap Adib.

Rinny meninggalkan tiga orang anak yakni Cindy, Iman, dan Rahman, juga seorang cucu. 

Semasa hidup, Rinny adalah seorang promotor yang banyak mencetak sejarah dengan mendatangkan band terkenal dari luar negeri, sebut saja, Linkin Park, Duran-duran, Alicia Keys, Beyonce, Richard Marx, The Bravery, dan yang paling fenomenal adalah Mick Jagger pada tahun 1988.

Kepergian Rinny membawa duka bagi dunia musik Tanah Air, hal itu juga dirasakan wartawan musik Adib Hidayat. Ia merasa tak banyak promotor wanita seperti beliau.

"Ketika (saya) masih di (majalah) Rolling Stones, beliau pernah dapat penghargaan, Editor Choice Awards, karena beliau promotor yang tangguh," ucap Adib.

Bahkan saking salutnya dengan sosok Rinny, Adib sempat ingin membuat buku biografi tentang beliau. Namun rencana itu tertunda karena kesibukkan masing-masing.

"Saya bilang 'perempuan, promotor, tidak banyak nih seperti mbak Rinny', saya bilang gitu, itu sekitar tahun 2008 atau 2009 rencana itu, namun karena kesibukkan masing-masing jadi tertunda rencana itu," ungkap Adib.

Adib menambahkan, bahwa kini rencana tersebut akan diteruskan oleh anak Rinny, Iman Fattah yang juga seorang pemusik, anak dari pernikahan Rinny dengan Donny Fattah pemain bas Godbless.

"Tapi saya enggak tahu dia buat sendiri atau melibatkan yang lain," imbun Adib.

Baca juga: Penyanyi Legendaris Aretha Franklin Meninggal Dunia di Usia 76 Tahun

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com