Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muncul Lagi, Aktris China Fan Bingbing Berkali-kali Meminta Maaf

Kompas.com - 04/10/2018, 13:40 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Ati Kamil

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Aktris, produser TV, dan penyanyi pop ternama dari China, Fan Bingbing (37), berkali-kali meminta maaf kepada publik.

Meski belum benar-benar menampakkan batang hidungnya, melalui akun Weibo-nya, Fan mengaku merasa malu dan bersalah.

"Saya merasa malu dan bersalah atas apa yang saya lakukan dan di sini saya menawarkan permintaan maaf yang tulus kepada semua orang," tulis Fan.

"Untuk jangka waktu yang lama, saya tidak bertanggung jawab melindungi kepentingan negara saya dan masyarakat di atas kepentingan pribadi saya. Saya merasa malu karena saya melakukan penghindaran pajak pada Unbreakable Spirit dan proyek lainnya dengan mengambil keuntungan dari 'kontrak terpisah'," sambungnya.

Baca juga: Setelah Hilang Berbulan-bulan, Fan Bingbing Akhirnya Muncul

Hal tersebut merupakan pernyataan publik pertamanya, setelah berbulan-bulan "hilang" dari pandangan publik, tak aktif di media sosial, dan memicu berbagai spekulasi.

Para penggemar dan pengamat industri bertanya-tanya apakah Fan, aktris dengan bayaran paling tinggi di China, telah menjadi tahanan rumah oleh pihak berwenang di China atau bahkan dipenjara dan diinterogasi di bawah tekanan.

Fan mengatakan bahwa ia menerima tanggung jawab karena kehilangan kemampuan untuk mengatur diri sendiri dalam menghadapi kepentingan ekonomi yang menyebabkannya melanggar hukum.

"Saya telah mengalami rasa sakit yang belum pernah terjadi sebelumnya, menjalani refleksi diri yang mendalam dan introspeksi... Saya memohon maaf kepada semua orang," tulis Fan.

Baca juga: Miliarder China Klaim Fan Bingbing Hilang karena Ingin Dibungkam

Fan Bingbing juga memuji partai yang berkuasa di China dan para penggemarnya atas kesuksesannya sebagai seorang aktris.

Fan dan perusahaan-perusahaannya sekarang menghadapi tunggakan pajak dan denda sebanyak RMB 883 juta (129 juta dollar AS).

Fan mengatakan pula bahwa ia akan membayar denda dan berjanji di masa mendatang untuk menjunjung serta menghormati perintah.

Baca juga: Fan Bingbing, Aktris Terkaya di China Dikabarkan Hilang

Surat permintaan maaf Fan Bingbing, yang aslinya berbahasa Mandarin, secara lengkap ditulis di bawah ini:

Surat permintaan maaf
Baru-baru ini saya telah mengalami rasa sakit yang belum pernah terjadi sebelumnya, menjalani refleksi diri yang mendalam dan introspeksi. Saya merasa malu dan bersalah atas apa yang saya lakukan dan di sini saya menyampaikan permintaan maaf yang tulus kepada semua orang.

Untuk jangka waktu yang lama, saya tidak bertanggung jawab melindungi kepentingan negara saya dan masyarakat di atas kepentingan pribadi saya. Saya merasa malu karena saya melakukan penghindaran pajak di Unbreakable Spirit dan proyek lainnya dengan mengambil keuntungan dari "kontrak terpisah".

Sepanjang hari-hari kerja sama saya dengan investigasi otoritas pajak ini atas rekening serta perusahaan saya, saya telah menyadari bahwa sebagai figur publik saya seharusnya mengamati hukum, memberi contoh yang baik bagi masyarakat dan industri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com