Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Spoiler, Lokasi Syuting "Game of Thrones" Dilindungi "Drone Killer"

Kompas.com - 11/10/2018, 12:23 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Ana Shofiana Syatiri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kru Game of Thrones menggunakan teknologi tinggi yang sangat inventif untuk mencegah spoiler musim terakhir seri televisi tersebut.

Seri produksi HBO itu menggunakan teknologi pelumpuh pesawat tak berawak atau disebut drone killer untuk menjauhkan kamera udara pengintip itu dari lokasi shooting.

Salah satu pemainnya, Sophie Turner, adalah orang pertama yang mengungkapkan itu saat hadir di New York Comic Con, Minggu lalu.

"Jika ada drone terbang di atas set, ada hal yang dapat membunuh drone tersebut, itu benar-benar keren. Hal itu menciptakan medan di sekitarnya dan drone bisa jatuh begitu saja. Seperti X-Men," kata Turner.

Baca juga: Ada Aktor Game of Thrones Bermain dalam Film Captain Marvel

Menurut Los Angeles Times, "drone killer" adalah perangkat elektronik yang dapat melumpuhkan pesawat tanpa awak dan menjatuhkannya ke tanah. Biasanya hanya digunakan oleh polisi dalam "situasi hidup dan mati."

Bentuknya seperti pistol dan dapat diarahkan seperti senapan atau pistol ke pesawat tak berawak di udara. Bidang 30 derajat dari pancarannya dan jangkauan yang hampir setengah mil membuat target sulit untuk meleset.

Perangkat ini kali pertama digunakan oleh Departemen Sherif Los Angeles County untuk melindungi Parade Mawar 2017 dan sejak itu telah dipakai untuk berjaga-jaga dalam acara-acara publik di sekitar LA.

Baca juga: Menebak Peran Ed Sheeran dalam Game of Thrones

Saat Entertainment Weekly berada di set Game of Thrones di Irlandia Utara, bisa terlihat bagaimana konstruksi luar ruang yang luas di set seperti kastil Winterfell diberi label dengan peringatan zona larangan terbang, artinya drone, helikopter dan pesawat tidak diizinkan berada atas lokasi shooting GoT.

HBO juga bekerja sama dengan otoritas lokal untuk mencegah orang memotret tanpa izin. Langkah-langkah yang tampaknya berhasil mengingat foto-foto set yang diambil dari jauh telah bocor.

Baca juga: Game of Thrones Peroleh 29 Nominasi di Emmy Awards 2016

Namun tidak jelas apakah tim GoT benar-benar perlu menggunakan drone killer itu untuk menjatuhkan mata-mata paparazzi di udara.

GoT akan kembali untuk musim terakhirnya pada 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com