Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Kematian Stan Lee Terungkap

Kompas.com - 29/11/2018, 08:54 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

Sumber TMZ,People

KOMPAS.com – Setelah lebih dari dua pekan sejak Stan Lee mengembuskan napas terakhir, penyebab kematian penulis komik senior itu akhirnya terungkap.

Berdasarkan sertifikat kematiannya yang diterbitkan oleh Departemen Kesehatan Los Angeles, diketahui bahwa pencipta karakter ikonik Spider-Man itu meninggal dunia akibat serangan jantung dan gangguan pernapasan.

Dokumen kematiannya mencatat bahwa Stan Lee mengidap penyakit pneumonia aspirasi atau komplikasi dari aspirasi paru.

Aspirasi paru sendiri adalah masuknya makanan, asam lambung, air liur, atau benda asing lainnya ke paru-paru yang dapat memicu infeksi paru.

Pada akhir Februari lalu, Stan Lee mengungkapkan kepada media bahwa ia mengidap penyakit pneumonia. Stan Lee menjelaskan kepada TMZ bahwa ia harus membatalkan beberapa kegiatannya akibat penyakit tersebut.

Lee juga disebutkan mengalami gagal jantung kongestif, yakni kondisi di mana jantung gagal memompa pasokan darah yang dibutuhkan oleh tubuh.

Stan Lee meninggal dalam usia 95 tahun di Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles, AS, pada 12 November 2018.

Sebelum kematiannya, Stan lee sudah menyelesaikan pengambilan gambar sebagai cameo untuk beberapa film Marvel yang akan dirilis, termasuk untuk film Disney Ralph Breaks the Internet.

Dalam film ini, Stan Lee tampil dalam versi animasi dan kehadirannya itu akan menjadi penampilan pertamanya sebagai cameo setelah kematiannya. (Tascia Sanistia)

Baca juga: Stan Lee Sudah Shooting untuk Cameo dalam Film Avengers 4

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TMZ,People
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com