Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dewa Budjana Rekam Album Barunya dalam Satu Hari

Kompas.com - 10/12/2018, 19:24 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gitaris Dewa Budjana meluncurkan album baru bertajuk Mahandini yang digarapnya bersama deretan nama musisi dunia, yakni pemain keyboard Dream Theater Jordan Rudess, Marco Minnemann (drum), Mohini Dey (bas, konokol), Mike Stem (gitar).

Selain itu, ada pula vokalis sekaligus gitaris yang pernah bergabung dengan Red Hot Chilli Peppers, yakni John Frusciante serta penyanyi sinden yang juga presenter Soimah Pancawati (vokal) .

Saat jumpa pers peluncuran album "Mahandini" di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (10/12/2018), Budjana mengatakan bahwa proses perekaman tujuh lagu dalam album tersebut dilakukan dalam satu hari.

Baca juga: Dewa Budjana Gandeng Musisi Dunia untuk Mahandini

"Memang mereka bilang kita jarang latihan sehari, rekaman satu hari. Karena biasanya tiga hari paling enggak. Satu hari mugkin tiga lagu diulang-ulang," kata Budjana.

Gitaris grup band GIGI itu juga menceritakan proses perekaman yang dia lakukan bersama para musisi tersebut di Los Angeles, Amerika Serikat.

"Kalau teknis rekaman maksimal tiga kali, ada yang dua kali, ada satu lagu sekali take. Biasanya tiga kali, karena masih adaptasi kan karena enggak pernah rekaman," tutur Budjana.

"Kadang ketemu studio baca partitur langsung take satu, itu sebenarnya latihan. Tapi dapet keajaiban yang tak terduga," lanjutnya.

Namun rupanya, pertimbangan biaya menjadi salah satu alasan proses rekaman itu dilakukan dalam satu hari.

"Sampai dari mereka bilang kamu nih bikin trend reakaman satu hari satu album. Padahal sebenarnya kami mikirnya pertama kalau bayaran di sana itu selain studio, pemainnya juga bayar double. Ini aja udah banyak ha-ha-ha," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com