Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cabut Keanggotaan ARMY yang Fanatik, Agensi BTS Umumkan Daftar Namanya

Kompas.com - 15/01/2019, 19:34 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

Sumber Koreaboo

KOMPAS.com -- Big Hit Entertainment baru saja merilis daftar resmi nama-nama penggemar yang terindikasi menunjukkan perilaku sasaeng (fans fanatik) yang meresahkan boyband BTS.

Pada Senin (14/1/2019), beberapa nama penggemar yang dimasukkan dalam daftar hitam atau blacklist itu diunggah ke akun fan cafe BTS, bersamaan dengan pelanggaran etika penggemar.

Pelanggaran tersebut termasuk foto ilegal, penjualan tiket ilegal, dan pelanggaran privasi BTS di bandara. Mereka yang ada dalam daftar itu telah dibatalkan keanggotaan fan club-nya.

Penggemar yang masuk ke dalam daftar hitam yang dianggap berperilaku fanatik terhadap BTS.Soompi Penggemar yang masuk ke dalam daftar hitam yang dianggap berperilaku fanatik terhadap BTS.
Meskipun sebagian besar penggemar menghormati ruang pribadi BTS di bandara, keprihatinan agensi terhadap keamanan dan privasi BTS di bandara terus berkembang.

Secara terbuka mengumumkan penggemar yang fanatik tersebut menunjukkan bahwa Big Hit Entertainment tidak mentoleransi perilaku semacam itu.

Meskipun sasaeng bukanlah hal yang baru, penggemar terkejut menemukan sejumlah "fotografer" BTS favorit mereka ada dalam daftar.

Sekarang, para penggemar mengimbau sesama ARMY (penggemar BTS) untuk tidak berbagi apa pun yang dibuat oleh penggemar yang masuk dalam daftar hitam ini.

Salah satu penggemar terdapat dalam daftar itu adalah Carrot Nuna, fansite yang fokus pada Jungkook "BTS".

Meskipun daftar hitam tidak akan menyelesaikan masalah sasaeng BTS yang terus bermunculan, paling tidak daftar ini dapat meyakinkan penggemar lainnya untuk mengevaluasi kembali perilaku mereka sendiri agar tak masuk blacklist.

Baca juga: Perkenalkan, Soobin, Adik Kedua Boyband BTS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Koreaboo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com