Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Shireen Sungkar Saat Hadapi Anak Tantrum

Kompas.com - 21/02/2019, 10:27 WIB
Andika Aditia,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti orangtua pada umumnya, artis peran Shireen Sungkar (27) juga pernah menghadapi anak yang mengalami tantrum, yakni ledakan emosi dan sulit dikontrol.

Shireen mengatakan ia berusaha sebaik mungkin untuk menenangkan anaknya, meskipun cukup sulit.

"Kita enggak bisa negosiasi sama kondisi tantrum karena enggak ada jalan keluarnya, jadi ya dihadapi baik saja, dikasih waktu dia (anak) untuk keluarkan emosinya," ucap Shireen saat ditemui dalam sebuah acara di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (19/2/2019).

Ibu dari tiga orang anak ini berpendapat tantrum pada anak merupakan hal wajar, terutama ketika anak-anak tidak bisa menyampaikan maksud hatinya.

Selain itu, menurut istri dari Teuku Wisnu ini, kondisi tantrum juga bisa terjadi lantaran sang anak kelelahan setelah bermain seharian.

"Ketika dia sudah jarang tidur siang nah mulai nih tantrumnya kumat. Jadi kayak posisi anak yang sudah kelelahan, dia belum tahu ungkapkan ke ibunya itu seperti apa. Jadi kayak sudah over capek , tidur enggak bisa, apa-apa enggak bisa, akhirnya dia tantrum," tutur Shireen.

Biasanya, Shireen tak akan berkomunikasi dengan anak yang sedang tantrum. Ia baru berinteraksi ketika sang anak sudah mulai tenang.

"Didiamkan saja. Ditaruh di kamar, lihat sekelilingnya aman jangan sampai dia melukai diri sendiri, pas sudah reda baru ajak komunikasi," ucap Shireen.

Baca juga: Shireen Sungkar Nikmati Kesulitan Mengurus Tiga Anak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com