Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shireen Sungkar Temukan Jentik Nyamuk di Dispenser Rumahnya

Kompas.com - 19/02/2019, 15:26 WIB
Andika Aditia,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Shireen Sungkar (27) merasa khawatir dengan maraknya penyakit demam berdarah. Apalagi ia sering mendapati jentik nyamuk di rumahnya,

Menurut Shireen, kasus DBD yang telah merenggut 169 nyawa, dari 1 Januari hingga 3 Februari, harus diwaspadai dengan melakukan berbagai tindakan preventif.

Bahkan, kata Shireen, jentik nyamuk aedes aegypti yang membawa virus DBD bisa ditemukan di tempat-tempat tak terduga, seperti apa yang ia baru alami beberapa waktu lalu.

"Kadang-kadang enggak tahu nih, di tumpukan mainan anak-anak ternyata di situ ada genangan air tapi kita enggak sampai di situ. Bahkan kemarin ketemu jentiknya malah di dispenser, jadi kadang-kadang enggak kepikiran (tempat nyamuk berkembang biak)," tutur Shireen saat ditemui dalam sebuah seminar kesehatan anak-anak di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (19/2/2019).

Istri artis peran Teuku Wisnu ini mengaku bahwa maraknya kasus DBD tak bisa dianggap sepele. Ia merasa para orangtua harus bisa berperan aktif menjaga kebersihan untuk mengurang potensi tersebut.

"(Kita harus tahu) DBD itu pencegahannya seperti apa, gimana cara kita bisa menjaga kebersihan lingkungan di rumah, di sekitar rumah, karena di dalam rumah bisa jadi sarang nyamuk demam berdarah," ucap Shireen.

Shireen menuturkan bahwa tetangga di lingkungan rumahnya sudah ada yang terkena DBD. Meskipun demikian, ia tidak akan membatasi ruang gerak tiga anaknya karena khawatir tertular penyakit mematikan itu.

Adik artis peran Zaskia Sungkar itu berpendapat lebih baik berfokus menjaga kebersihan lingkungan rumah ketimbang membatasi ruang gerak anak.

"Kalau terlalu membatasi kasihan anaknya karena anak-anak aku tuh aktif banget dan suka banget eksplorasi di luar rumah. Jadi ya enggak aku batasi sih, cuma aku kasih tindakan pencegahan dan menjaga kebersihan saja," pungkasnya.

Baca juga: Shireen Sungkar Sugesti Diri Sendiri untuk Kurangi Sakitnya Kontraksi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com