Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerja Bareng Anak, Iwan Fals Merasa Kalah Galak

Kompas.com - 13/03/2019, 20:29 WIB
Andika Aditia,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi senior Iwan Fals melibatkan keluarganya dalam mengatur dan mengembangkan segala sesuatu urusannya dalam bermusik.

Salah satunya adalah melibatkan putrinya Cikal Rambu Basae dalam konser teranyar yang akan ia gelar pada 30 Maret 2019 mendatang di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Menurut pria berusia 57 tahun ini, putri semata wayangnya itu ternyata memiliki sikap yang jauh lebih tegas ketimbang dirinya dalam mengurus sebuah manajemen musik.

"Secara Cikal masih 34 tahun, kadang-kadang saya mau ngomong galakan dia ‘capek gue ngomong lo terus," ucap Iwan dalam jumpa pers di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (13/3/2019).

Menurut Iwan, ia dan anaknya telah memulai kerja sama lewat acara-acara mini konser bersama anggota OI, komunitas penggemar Iwan Fals.

"Sudah sering di rumah kan sering bikin konser. Dari kecil kan dia (Cikal) juga sering ikut konser. Saya kaget juga dia milih ikut terlibat produksi, tadinya kan mamanya, tapi kan sekarang jadi ketua OI dan akhirnya jadi Cikal (yang bantu manajemen)," ujarnya.

"Dia tahu saya persis, jadi tiap konser saya seperti di rumah sendiri," sambungnya.

Meski begitu, Iwan mengaku salut kepada sosok putrinya tersebut karena tetap bersikap profesional walau bekerja untuk ayahnya.

Baca juga: Punya Semangat Aktivis, Superman Is Dead Dipilih Iwan Fals Jadi Bintang Tamu Konsernya

Bagi Iwan, Cikal tak ubahnya seperti promotor kelas kakap yang acapkali mengundangnya dalam berbagai konser.

"Kebutuhan saya sebagai musisi, makanannya, tempat istirahatnya, latihannya, sound system yang disediakan, treatment dia ke penonton, menghargai orang lain," tandasnya.

"Saya angkat topi, ‘belajar dari mana lo, bisa begini’. Bahagia banget," ucap Iwan meneruskan.

Baca juga: Iwan Fals akan Rilis Album Baru pada April 2019

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com