Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maher Zain dan Opick Galang Dana untuk Korban Bencana di Indonesia

Kompas.com - 19/03/2019, 18:25 WIB
Andika Aditia,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi religi asal Swedia Maher Zain bersama Opick akan bekerja sama untuk menggalang dana untuk seluruh korban bencana di beberapa wilayah di Indonesia.

Dalam kerja sama ini, Maher Zain mewakili lembaga kemanusiaan internasional Salam Charity akan menghimpun dana amal tersebut bersama Lazismu, sebuah lembaga amal Muhammadiyah.

Rencananya, hasil donasi akan digunakan untuk pembangunan 200 hunian sementara tahan gempa yang disertai toilet komunal dan sumur bor, serta 50 paket kelas baru di wilayah Indonesia yang terdampak bencana.

Menurut Direktur Utama Lazismu Hilman Latief, acara ini bertujuan membangun kesadaran bersama akan pentingnya kepedulian untuk saling membantu, terutama kepada mereka yang tertimpa musibah.

"Lazismu dan Salam Charity akan berkampanye dan menghimpun rasa murah hati masyarakat untuk terlibat dalam aksi melayani Negeri sepenuh hati," ucap Hilman dalam jumpa pers di Hotel Mandarin Oriental, kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (19/3/2019).

Baca juga: Gempa dan Tsunami di Palu, Maher Zain Turut Kirim Doa untuk Sulawesi

Nantinya, akan ada delapan wilayah yang menjadi tempat menyalurkan donasi seperti Lombok, Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi, Kota Palu, Kabupaten Lampung Selatan, dan Kabupaten Serang.

Total jumlah penerima dana amal tersebut sebanyak 5.618 kepala keluarga atau setara dengan 30.405 jiwa.

Agar penggalangan dana itu terkumpul sesuai rencana, pihak Salam Charity dan Lazismu akan menggelar Malam Amal yang dihadiri oleh Maher Zain dan Opick.

Maher Zain mengaku senang dapat terlibat dalam acara ini. Ia merasa punya kedekatan dengan Indonesia yang menjadi salah satu negara tempatnya berkarya.

Baca juga: Maher Zain: Indonesia Itu Spesial Bagiku

"Saya senang bisa turut serta dalam acara ini, saya juga akan mengunjungi salah satu wilayah Indonesia yang terdampak bencana nantinya. Semoga bermanfaat," ucap Maher.

Rencananya, Malam Amal itu akan digelar di Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI), kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (19/3/2019).

Tak hanya Maher Zain dan Opick, malam amal tersebut juga akan dihadiri oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir dan penyanyi Indah Dewi Pertiwi.

Selain itu, dalam acara ini Maher Zain juga menerima penghargaan Double Platinum dari Universal Musik Indonesia lewat album "One" miliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com