Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini Titiek Puspa Tidak Akan Puasa Ramadhan karena Pengaruh Kemoterapi

Kompas.com - 25/04/2019, 19:38 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi senior Titiek Puspa mengaku mustahil bisa menjalani kewajiban berpuasa sebagaimana mestinya pada Ramadhan pada tahun ini.

"Sekarang saya sudah bebas tidak berpuasa. Saya sudah 81 tahun sekarang mau 82 tahun," kata Titiek saat menghadiri jumpa pers untuk merayakan HUT ke-5 RTV dan peluncuran program Ramadhan di Olam Resto, JS Luwansa, Kuningan, Rabu (24/4/2019).

Titiek mengatakan, ia tidak berpuasa lantaran tubuhnya sudah tidak bisa menahan lapar karena pengaruh kemoterapi. Ia sudah berkali-kali mencoba berpuasa, tetapi tetap saja tidak bisa menahan lapar.

"Setelah saya kena kemo, saya sudah tidak bisa tahan lapar. Sakit di sini (menunjuk bagian perut) umur 73 tahun saya kena kemo, sejak itu saya sudah enggak puasa," kata dia.

Titiek diketahui mengidap penyakit kanker serviks stadium sedang setelah divonis oleh dokter pada 2012 lalu.

Baca juga: Kisah Titiek Puspa Melawan Kanker

Titiek mengenang bahwa pada saat masih muda, ia mengaku sebagai 'ratu puasa'. Puasa Daud, puasa 40 hari, puasa Senin-Kamis, Titiek jalani. Bahkan gara-gara sering berpuasa, Titiek mengaku pernah terserang penyakit beri-beri.

"Karena kebanyakan puasa, dulu saya pernah sakit beri-beri," kata dia lalu tertawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com