Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pariban: Idola dari Tanah Jawa, Cerita tentang Keresahan Pemuda Batak

Kompas.com - 03/05/2019, 18:44 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Film drama-komedi Pariban: Idola dari Tanah Jawa yang disutradarai oleh Andibachtiar Yusuf ingin mengungkap keresahan pemuda keturunan Batak yang tinggal di luar Sumatera Utara.

Hal itu diungkapkan oleh produser Agustinus Sitorus dalam jumpa pers film tersebut yang digelar di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (3/5/2019).

"Ini bukan cerita gua, tapi saduran dari berbagai kisah teman-teman gua waktu kuliah. Ini cerita keresahan anak muda Batak yang lahir di luar Sumatera Utara," ujar Agustinus.

Agustinus menungkapkan ide ini kepada Andibachtiar. Setelah meramu skenario, kata Agustinus, mereka berpikir untuk tidak menguatkan cerita saja, tetapi juga ingin memperkenalkan keindahan alam Tanah Batak.

"Kami punya tradisi dan budaya meski tidak punya keharusan sama Pariban. Kami shooting di sana dan ekspose Danau Toba, Sumatera Utara, kami harus jual nih. Ini bagus banget sih," kata Agustinus.

Pariban bercerita tentang Moan (Ganindra Bimo) sosok pemuda Batak yang sudah lama tinggal di Jakarta. Meski usianya sudah menginjak 37 tahun, tetapi belum punya pacar.

Baca juga: Atiqah Hasiholan di Antara Dua Pria Tampan dalam Pariban: Idola dari Tanah Jawa

Situasi ini membuat ibunya yang bermukim di Jakarta pusing dan harus turun tangan. Lalu memaksa Moan untuk mudik dan menikah dengan Paribannya, Uli (Atiqah Hasiholan).

Di luar dugaan, Uli yang diceritakan sebagai wanita cantik dan mencintai budaya Batak, sudah memiliki kekasih.

Baca juga: Atiqah Hasiholan dan Ganindra Bimo Beradu Akting di Pariban: Idola dari Tanah Jawa

Pariban: Idola dari Tanah Jawa dibintangi oleh Atiqah Hasiholan, Ganindra Bimo, Dayu Wijanto, Rizki Mocil, Bang Tigor, Imelda Budiman, Mak Gondut, dan masih banyak lagi. Film ini akan tayang di bioskop mulai 9 Mei 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com