Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atiqah Hasiholan dan Ganindra Bimo Beradu Akting di Pariban: Idola dari Tanah Jawa

Kompas.com - 05/07/2018, 11:18 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah produksi Stay Co Media merilis poster film Pariban: Idola dari Tanah Jawa dengan menampilkan bintang utama Atiqah Hasiholan dan Ganindra Bimo.

Poster itu menampilkan wajah Atiqah yang tersenyum dengan dipadu wajah konyol Ganindra dan Rizki Mocil.

Dengan latar warna merah muda, poster itu menonjolkan tampilan rumah bolon atau rumah adat Batak dan ulos. Ada pula tampilan perkotaan Jakarta dengan Monas (Monumen Nasional) sebagai ikonnya.

CEO Stayco Media dan Produser Agustinus Sitorus mengatakan, sentuhan rumah bolon dan ulos pada poster ini merupakan upayanya untuk meningkatkan kecintaan generasi muda batak.

"Saya terpanggil untuk mengajak anak muda Batak mencintai budayanya sendiri. Tidak menggurui, namun melalui sebuah film komedi. Karena menurut saya, semua orang suka film komedi terutama untuk menghilangkan stres," ujar Agustinus melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (5/7/2018).

Sutradara Andibachtiar Yusuf menjelaskn bahwa film ini terinspirasi dari keadaan yang terjadi sehari-hari di muda-mudi Batak.

"Pariban sendiri merupakan istilah yang digunakan bagi sepupu dalam masyarakat batak yang biasanya dijodohkan oleh para orang tua," kata dia.

"Sampai hari ini, pemuda Batak tuh kalo ditanya jodoh biasanya ‘Udah dapat pariban itu?’, apalagi buat yang masih jomblo pasti ditanyain terus! Nah, kita pengen mencoba cerita budaya batak dengan sudut pandang yang simple, yang bisa bikin cekikikan dan enggak rumit," tambah Andi.

Film ‘Pariban Idola’ bercerita tentang Moan (Ganindra Bimo) sosok pemuda Batak yang sudah lama tinggal di Jakarta. Usianya sudah 37 tahun, namun Moan belum memiliki pacar.

Situasi ini membuat ibunya yang tinggal di Samosir pusing dan harus turun tangan. Lalu memaksa Moan untuk mudik dan menikah dengan sepupunya, Uli ().

Di luar dugaan, Uli yang diceritakan sebagai perempuan cantik dan mencintai budaya Batak, sudah memilik kekasih.

Selain Atiqah dan Ganindra Bimo, sederet pemain lain juga ambil bagian dalam film ini. Mereka adalah Dayu Wijanto, Rizki Mocil, Bang Tigor, Imelda Budiman, Mak Gondut, dan masih banyak lagi.

Rencananya film ini dijadwalkan tayang di bioskop Tanah Air pada Oktober 2018 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com