Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Shireen Sungkar Ajari Anaknya Berpuasa

Kompas.com - 14/05/2019, 08:12 WIB
Reni Susanti,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – Artis peran Shireen Sungkar mengaku tidak memiliki persiapan khusus menjelang atau saat Ramadhan. Ia dan keluarganya hanya mempersiapkan fisik dan memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan.

“Adam sudah mulai belajar berpuasa,” ujar Shireen kepada Kompas.com di Bandung, belum lama ini.

Shireen mengaku ini tahun pertama putra pertamanya, Teuku Adam Al-Fatih (4), belajar berpuasa. Namun dari tahun lalu, Shireen sudah menceritakan apa itu puasa.

“Dari tahun lalu Adam sudah dikasih tahu, mommy puasa jadi enggak bisa makan. Terus Adam nanya puasa itu apa mommy,” kata istri dari Teuku Wisnu ini.

Shireen kemudian menceritakan arti puasa dengan bahasa yang seringan mungkin agar Adam mengerti.

Misalnya, menjelaskan puasa itu menahan tidak makan dan minum atau menahan lapar dan haus pada waktu tertentu. Selain itu, puasa juga belajar untuk lebih bersabar.

Baca juga: Shireen dan Zaskia Sungkar Tak Pernah Ribut soal Pembagian Honor

“Dulu aku bilang, Adam makan aja enggak apa-apa. Nanti pelan-pelan Adam belajar ya berpuasa,” imbuhnya.

Dalam akun Youtube The Sungkar Family diperlihatkan bagaimana tahun ini Adam belajar berpuasa. Ia ikut sahur dan berbuka pada siang hari.

Hal serupa Shireen terapkan dalam hapalan surat-surat pendek Adam. Selama ini, Adam dikenal netizen sebagai anak yang cepat menguasai hapalan surat-surat pendek.

Metode yang digunakan Shireen adalah dengan mengajak anak bermain sambil belajar, tanpa memaksa. Misal, ketika anak sedang bermain mobil-mobilan. Shireen kemudian memberi penghalang di depan mobil Adam.

“Aku bilang, mobilnya bisa melaju kalau Adam baca Al-Falaq dulu. Anaknya mau. Setelah baca Al Falaq, penghalang pun terbuka dan Adam mengucapkan terima kasih. Sebenarnya pintar-pintar orangtua sih,” tutupnya.

Baca juga: Persiapan Ramadhan, Shireen Sungkar Perhatikan Kesehatan Keluarga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com