Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambil Menangis Hanung Bramantyo Ungkap Rasa Bahagia Garap Film Bumi Manusia

Kompas.com - 19/06/2019, 17:52 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Hanung Bramantyo menitikkan airmata saat mengungkapkan rasa bahagianya karena mendapat kesempatan menggarap Bumi Manusia, sebuah karya yang sudah lama dia sukai ke layar lebar.

Untuk diketahui, Bumi Manusia adalah film yang diadaptasi dari buku karangan penulis Pramoedya Ananta Toer dengan judul yang sama.

"Saat ini saya bersyukur sekali kalian merayakan film ini dan itu poin buat saya. Jadi saya bersyukur, saya menangis ini bukan akting, sutradara enggak akting," kata Hanung dalam jumpa pers peluncuran poster film Bumi Manusia di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2019).

Hanung juga menceritakan perjuangannya membaca buku Bumi Manusia saat masih muda.

Baca juga: Falcon Pictures Rilis Foto-foto Eksklusif Film Bumi Manusia

"Di umur 17 tahun saya membaca 'Bumi Manusia' karya mendiang Pram ini sambil sembunyi-sembunyi, teman-teman harus tahu itu," tutur Hanung dengan suara bergetar.

"Di usia kalian saya membaca 'Bumi Manusia' sembunyi-sembunyi karena takut ditangkap sama polisi," sambungnya.

Hanung menambahkan, dia merasa beruntung bisa menyajikan karya Pram ke dalam sebuah film yang rencananya akan tayang di bioskop pada 15 Agustus 2019 mendatang.

"Ini adalah kebahagiaan yang sangat besar bagi Pak Pram, saya siapa. Saya nothing, saya hanya orang yang beruntung yang diberikan berkah untuk jadi kepanjangan tangan dari Pak Pram," imbuhnya.

Film produksi Falcon Pictures itu dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan, Mawar De Jongh, Ayu Laksmi, Donny Damara, Giorgino Abraham, Jerome Kurniawan dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com