Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanung Bramantyo Gembleng Iqbaal Ramadhan untuk Peran Minke

Kompas.com - 19/06/2019, 20:07 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Hanung Bramantyo mengakui bukan hal mudah baginya mengarahkan Iqbaal Ramadhan untuk peran Minke dalam film Bumi Manusia.

Ketika dipilih untuk berperan sebagai Minke, Iqbaal menjadi idola yang memiliki jutaan penggemar setelah filmnya, Dilan 1990, mencetak sukses besar.

Hal itu dikatakan Hanung saat diwawancarai usai jumpa pers peluncuran poster film Bumi Manusia di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2019).

"Anak muda ya umur 19 tahun sudah banyak fansnya, 6 juta orang. Bayangkan itu. Jadi itu yang terjadi," sambungnya.

Hanung pun memberikan tantangan bagi Iqbaal untuk meninggalkan kehidupan nyaman yang dia rasakan dan memberikan beberapa buku demi mendalami peran Minke.

"Kemudian itu yang saya bilang 'kamu orang yang paling gampang mendapatkan akses'. Makanya sudah ibaratnya kita injek," tutur Hanung.

"Terus di rumah, lu tinggalin semua pembantu, tidur di lantai, makan di lantai, ya cuci baju sendiri," lanjut suami artis Zaskia Adya Mecca itu.

"Kamu lakukan itu sambil baca Multatuli, sambil baca Max Havelaar, sambil baca pemikirannya feminisme Kartini, terus ada beberapa buku-buku kok yang saya kasih ke dia. Dan ini dalam waktu dua bulan saya suruh begitu," tambahnya.

Tak sampai di situ, Hanung juga meminta Iqbaal menceritakan pengalamannya selama menempuh pendidikan di luar negeri. Menurut suami artis Zaskia Ady Mecca itu, Iqbaal dan Minke memiliki persamaan.

"Saya enggak ngomong kamu harus jadi Minke, enggak. Saya cuma ngulik apa yang sudah kamu lakukan saat kamu ada di Kanada," ucap Hanung.

Baca juga: Sambil Menangis Hanung Bramantyo Ungkap Rasa Bahagia Garap Film Bumi Manusia

"Ya kan dia cerita, saya juga di Kanada jadi minoritas. Iya pada saat di sana dia bergaul sama orang-orang Amerika, orang-orang China. Saya bilang nah itu rasain itu. Nah lu udah jadi Minke ya kan," imbuhnya.

Bumi Manusia adalah sebuah film yang diadaptasi dari buku karangan sastrawan legendaris Pramoedya Ananta Toer.

Rencananya film produksi Falcon Pictures itu akan tayang di bioskop seluruh Indonesia pada 15 Agustus 2019 mendatang.

Baca juga: Iqbaal Ramadhan Akui Sulitnya Dalami Peran Minke

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com