Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Penggemar Remaja, Apa Kata Iqbaal Ramadhan Bumi Manusia Dapat Klasifikasi 17 Tahun ke Atas?

Kompas.com - 13/08/2019, 11:17 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Iqbaal Ramadhan memiliki banyak penggemar dari kalangan usia remaja bahkan di bawah 17 tahun.

Namun film yang dibintanginya, Bumi Manusia, mendapat klasifikasi 17 tahun ke atas dari Lembaga Sensor Film (LSF).

Karena itu Iqbaal akan mencoba menjelaskan kepada penggemarnya yang ingin menonton film Bumi Manusia.

"Kalau untuk protes sejauh ini belum ada. Kalau pun dapat protes nanti, mungkin gua akan mencoba membantu menjelaskan kali ya," kata Iqbaal di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin malam (13/8/2019).

Iqbaal juga berharap bantuan dari penggemarnya yang berada di usia 17 tahun dan pernah membaca novel Bumi Manusia untuk membantunya.

Menurut Iqbaal, materi bukunya sendiri memang cukup berat dan ada hal yang membuat LSF memasukkannya ke dalam kategori 17 tahun ke atas

"Ini bukan karena kemauan kami, memang karena bukunya, LSF juga, ini yang terbaik kami bisa kasih. Ini, kan, kebijakan yang sudah dilakukan sama sensor film di Indonesia. Dan sudah di-approved sama production house," kata dia.

Iqbaal mengaku memahami dan menerima putusan LSF. Ia sadar mengapa rumah produksi Falcon Pictures juga menerima putusan LSF tersebut.

"Kalau kami memaksakan demi jumlah penonton, demi kepuasan penonton lalu rating-nya diturunkan ke 13 tahun, gua takutnya gua malah mengecewakan Pram dan keluarganya. Karena esensi-esensi dari bukunya banyak yang harus dipotong kalau memang harus turunin rating-nya," kata dia.

Baca juga: Iqbaal Ramadhan Belajar Bahasa Belanda hingga Terbawa Mimpi dan Mengigau

Iqbaal tidak khawatir jumlah penonton Bumi Manusia tidak banyak karena kehilangan pasar penonton remaja.

"Gua percaya ini yang terbaik, pasar bisa dibentuk, gua rasa kenapa alasannya 17 tahun ke atas sudah jelas sih. Bukan karena kami mencoba untuk membatasi, kami memang berharap 13 ke atas, tapi kita juga tidak memaksa dan ikut aja," kata Iqbaal.

Baca juga: Iqbaal Ramadhan Minta Kesakitan Fisik Saat Syuting Bumi Manusia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com