Iqbaal Ramadhan Belajar Bahasa Belanda hingga Terbawa Mimpi dan Mengigau

Kompas.com - 10/08/2019, 09:55 WIB
Artis peran Iqbaal Ramadhan sebagai Minke dalam film Bumi Manusia. Film produksi Falcon Picture itu disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Instagram/Hanung BramantyoArtis peran Iqbaal Ramadhan sebagai Minke dalam film Bumi Manusia. Film produksi Falcon Picture itu disutradarai oleh Hanung Bramantyo.

SURABAYA, KOMPAS.com - Artis peran Iqbaal Ramadhan dituntut untuk fasih berbahasa Belanda dalam memerankan karakter Minke di film Bumi Manusia.

Iqbaal mengaku, tidak punya dasar sama sekali untuk mempelajari bahasa Belanda. Ia belajar secara singkat dengan pelatih yang dihadirkan rumah produksi Falcon Pictures.

"Enggak ada basic. Tapi, ada yang ajarin dan reading bahasa Belada," kata Iqbaal dalam jumpa pers di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur, Jumat malam (9/8/2019).

Agar pelafalannya bisa fasih, Iqbaal harus sering mengucapkan kalimat-kalimat yang menjadi dialog dalam film arahan sutradara Hanung Bramantyo tersebut.

Baca juga: Malam Premiere Bumi Manusia, Iqbaal Ramadhan: Peran Minke Itu Tanggung Jawab

"Ada voice note untuk ucapan pelafalan yang dikasih pengajar. Jadi saya ucapkan sampai dibawa mimpi, dibawa ngigau aja bahasa Belanda selama tiga bulan," kata Iqbaal.

Ia pun tidak menyangka bila pelafalannya dinilai cukup bagus oleh penonton dalam screening di XXI Surabaya Town Square, Jumat malam.

"Alhamdulillah dibilang bagus walau agak belibet juga ngomongnya," kata Iqbaal.

Film Bumi Manusia mengisahkan tentang Minke (Iqbaal Ramadhan), anak pribumi yang diperbolehkan bersekolah di HBS. HBS merupakan sekolah khusus untuk orang-orang Eropa, khususnya Belanda.

Baca juga: Di Tugu Pahlawan, Iqbaal Ramadhan dan Adipati Dolken Diserbu Remaja Wanita

Sedangkan, orang-orang Indonesia yang boleh bersekolah di HBS hanyalah mereka yang berasal dari kalangan ningrat atau pejabat.

Namun, Minke diperbolehkan bersekolah di HBS karena kemampuan hebatnya dalam menulis. Meski bukan dari golongan ningrat atau pejabat, Minke memiliki pemikiran yang revolusioner.

Hal itu membuatnya tidak disegani oleh teman-teman Belandanya. Pada suatu hari, Minke jatuh hati kepada anak Nyai Ontosoroh (Sha Ine Febriyanti), Annelies (Mawar Eva de Jongh).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X