Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Autisme, Dian Sastro: Sinar Terang di Ujung Jalan Itu Ada...

Kompas.com - 24/08/2019, 17:22 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Dian Sastrowardoyo punya alasan akhirnya blak-blakan menceritakan anak sulungnya, Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo yang pernah didiagnosis autisme.

Hal itu ia sampaikan dalam acara Special Kids Expo (SPEKIX) 2019 yang digelar di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta Pusat, Sabtu (24/8/2019).

"Jadi saya mau sharing ini kenapa Karena saya pengin kasih semangat untuk ibu-ibu atau orangtua yang juga mengalami apa yang saya alami," kata Dian.

Dian pun mengucapkan kalimat yang inspiratif bahwa setiap perjuangan pasti akan menemukan jalan terang.

Baca juga: Dian Sastro: Saya Bilang ke Dia, Shailendra Tuh Spesial...

"Bahwa sinar terang di ujung jalan tuh ada kok. Selama kita teguh, gigih, jangan patah semangat, terus kita punya optimisme, insyaAllah nanti jawabannya ada kok, hasilnya ada," ucap Dian.

Dian Sastro mengajak anaknya Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo naik ke atas panggung dalam acara Special Kids Expo (SPEKIX) 2019 di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta Pusat, Sabtu (24/8/2019).KOMPAS.com/IRA GITA NATALIA SEMBIRING Dian Sastro mengajak anaknya Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo naik ke atas panggung dalam acara Special Kids Expo (SPEKIX) 2019 di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta Pusat, Sabtu (24/8/2019).

Dian mempercayai bahwa semua usaha yang dilakukan orangtua kepada anaknya akan membuahkan hasil. Seperti apa yang ia lakukan kepada Shailendra. Kini putra sulungnya itu sudah seperti anak lainnya setelah menjalani berbagai terapi.

"Anaknya nanti akan merasakan apapun usaha yang selama ini sudah kita lakukan. InsyaAllah one day anak kita bisa mandiri secara karier, sosial. Kemudian dia bisa berdiri sendiri seperti yang lainnya," tutur Dian.

Baca juga: Cerita Autisme, Dian Sastro Panggil Putranya ke Atas Panggung

Keterbukaan Dian Satro setidaknya membuat ibu-ibu lain semakin sadar bahwa mereka tidak sendirian. Awalnya, Dian juga tak percaya anaknya didiagnosis autisme.

Dian Sastrowardoyo bersama suami dan kedua anaknya.Instagram/@therealdisastr Dian Sastrowardoyo bersama suami dan kedua anaknya.

Bintang utama film "Ada Apa Dengan Cinta?" itu menceritakan, dulu putranya memiliki tujuh ciri-ciri anak dengan autisme. Mulai dari tak bisa berinteraksi dengan orang lain, tidak ada kontak mata, hingga sibuk bermain sendiri.

"Tahun awal ciri-ciri autisme di anak saya kental banget. Kalau sekarang dari tujuh ciri itu, saya sudah enggak lihat lagi," ujar Dian.

Baca juga: 5 Pengakuan Blak-blakan Dian Sastro soal Autisme Anak Sulungnya

Pada acara Special Kids Expo, Dian pun menunjukkan perubahan berarti pada Shailendra saat ini yang sudah berusia 8 tahun.

Shailendra tampil seperti anak-anak pada umumnya. Bahkan ia percaya diri berbicara di atas panggung saat diajak mengobrol oleh Dian.

"Dia di sekolah normal, bersama teman-teman yang lain. Dia tidak memiliki kesulitan belajar. Alhamdulilah. Dia pintar," kata Dian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com