Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

REVIEW: Joker yang Mengaduk-aduk Emosi

Kompas.com - 04/10/2019, 11:57 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Joker yang digarap Warner Bros Pictures telah tayang serentak di bioskop Indonesia pada 2 Oktober 2019.

Lewat film solonya, Joker mengupas lebih dalam sosok Arthur Fleck yang kemudian menjadi musuh bebuyutan Bruce Wayne alias Batman.

Arthur Fleck alias Joker yang diperankan oleh aktor Joaquin Phoenix dikisahkan sebagai seorang komedian tunggal panggilan.

Pekerjaan Arthur Fleck yang menghibur bertolak belakang dengan kehidupan pribadinya yang jauh dari kata bahagia.

Ia hidup sebagai warga kelas bawah di Kota Gotham. Kesenjangan sosial, antara si kaya dan si miskin, di kota tersebut amat kentara.

Sayangnya, karier Arthur Fleck sebagai komedian tunggal tidak beruntung. Profesinya kerap dikucilkan dan dilecehkan oleh sebagian orang.

Arthur Fleck juga melakukan berbagai kesalahan sehingga membuat kariernya semakin suram. Bahkan, Arthur Fleck mengalami berbagai kekerasan fisik dari segerombolan anak-anak jalanan.

Arthur tak punya teman yang ia percayai. Hanya ibunya, Penny Fleck (Frances Conroy), satu-satunya orang yang ia sayangi. Namun sayangnya, Arthur Fleck juga mengalami serangkaian masalah dengan ibunya.

Di sisi lain, Arthur Fleck mengalami masalah kejiwaannya berupa tawa patologi. Ia kerap tertawa tiba-tiba dalam situasi apa pun hingga membuat orang-orang di sekitar menjadi salah kaprah.

Suatu ketika, Arthur Fleck mengalami sebuah insiden buruk dalam hidupnya. Insiden tersebut mengubah pemikiran Arthur Fleck hingga menjadi pria yang bengis.

Arthur Fleck pun mengubah namanya dan ingin dipanggil dengan nama Joker.

Berdurasi 2 jam 2 menit, film Joker menampilkan rasa drama yang mengaduk-aduk emosional ketimbang adegan aksi tembak-tembakan dan pertarungan bak film-film superhero.

Phoenix bermain sempurna sebagai joker. Phoenix menjadi sosok sentral yang membawa alur emosional naik dan turun seperti roller coaster.

Tak salah jika Phoenix dianggap unggul dibandingkan pemeran-pemeran Joker sebelumnya, seperti Jack Nicholson, Heath Ledger, dan Jared Leto.

Baca juga: Suara Tawa Joker Disebut Menghantui, Joaquin Phoenix Beberkan Rahasianya

Saat Joker tertawa, penonton bakal merasakan kengerian. Sedangkan saat Joker bersedih dan marah, nuansa mencekam bakal menyelimuti penonton.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com