Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yudhi "Grass Rock" Beberapa Tahun Menderita Sirosis

Kompas.com - 03/01/2014, 15:21 WIB
Irfan Maullana

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com — Pemain bas grup Grass Rock, Yudhi (49), yang meninggal dunia di Rumah Sakit Mitra Keluarga Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (3/1/2014), kira-kira pukul 01.30 WIB dini hari, sejak beberapa tahun lalu telah dinyatakan menderita sirosis oleh dokter.

"Dia ada sirosis, atau lever akut ya istilahnya. Jadi, sudah lama dia sakitnya," kata rekan segrup Yudhi, gitaris Edi Kemphut. "Tepatnya 2010, saya ingat waktu itu kami bikin acara (penggalangan dana) koin untuk Mas Yudhi di MU Cafe," timpal Chief Editor Majalah Rolling Stone Indonesia Adib Hidayat, dalam wawancara ketika melayat di rumah duka Yudhi, Jalan Putri Tunggal Sumur Bandung III, Harjamukti, Cibubur, Depok, Jumat.

Sejak dinyatakan menderita sirosis, pemilik nama lahir Yudha Tamtama Aji bin Usman itu sering mengeluh nyeri pada bagian hatinya. "Ya dia sering bilang sakit di sini (bagian hati) karena  mengeras ya," cerita Edi sambil menunjuk ke bagian perutnya.

Namun, Yudhi dilarikan ke Rumah Sakit Mitra Keluarga Cibubur pada 30 Desember 2013 karena terserang stroke dan pecah pembuluh darah.

"Selain seperti tadi, ya dia sebenarnya kena stroke. Memang, hati sama ginjalnya sudah enggak berfungsi dengan baik," ungkap Masto, personel grup band Kidnap Katrina yang juga adik kandung pemain drum Bimbim "Slank".

Di mata gitaris band GIGI, Dewa Budjana, Yudhi memiliki semangat hidup yang tinggi meskipun sakit, seperti ketika bersama Grass Rock hijrah dari Surabaya ke Jakarta pada 1986.

"Saya kan dari Surabaya, mereka juga dari Surabaya. Saya lebih dulu pindah ke Jakarta, itu tahun 1984. Mereka kalau enggak salah 1986. Cuma, yang saya lihat itu semangatnya. Yudhi sama Grass Rock-nya mau pindah total ke Jakarta, hebat," kenang Budjana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com