JAKARTA, KOMPAS.com -- Musisi Dwiki Dharmawan (47) ternyata berjiwa romantis. Dia menyampaikan pengakuan itu ketika merilis album Collaborating Harmony Dwiki Dharmawan, Selasa (25/2/2014), di Jakarta. Beberapa lagu bernuansa romantis yang dia tulis bersama mitra dari tahun 1980-an sampai tahun 2012 itu antara lain berjudul "Biru Selintas Rindu" dan "Hati Seluas Samudera".

”Lima tahun terakhir ini, saya memang menggarap musik "serius", tetapi saya sebenarnya juga senang membuat lagu dengan lirik yang romantis. Saya ini orangnya romantis, lho, he-he-he," kata suami penyanyi Ita Purnamasari itu, sembari tersenyum.

Album baru Dwiki tersebut sekaligus menjadi penanda 30 tahun dia berkarya di bidang musik. Supaya tata musiknya lebih terasa pop masa kini, semua lagu dalam album itu diaransemen ulang oleh penata musik berusia muda dan dibawakan penyanyi berusia muda pula.

Beberapa orang yang terlibat adalah Badai "Kerispatih", Tanto "The Groove", Takaeda, dengan penyanyi Margareth, Shena Malsiana, dan Alex Rudiart.

Dwiki bercerita, sejak kecil ia belajar piano klasik. "Dulu, saya merasa terkekang harus memainkan piano dengan lagu-lagu klasik."

Dia kemudian tidak hanya menjadi musisi jazz dan pop, tetapi juga etnik. Kini, dia tengah mengembangkan musik asal Timur Tengah.

Pada Kamis malam ini, pukul 20.00, Dwiki akan tampil bersama Yuri Jo di Bentara Budaya Jakarta, Jalan Palmerah Selatan. (TRI)