Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raisa Jadi Solois Agar Bebas Berkarya

Kompas.com - 11/03/2014, 14:28 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Hanya dalam waktu tiga tahun, Raisa Andriana (23), yang punya nama panggilan Raisa, sudah mampu menyejajarkan namanya dengan penyanyi papan atas Tanah Air.

Meski publik baru mengenal Raisa lewat lagu singel pertamanya berjudul "Serba Salah" pada Juli 2010, sedari kanak-kanak, si bungsu dari dua bersaudara tersebut sudah suka menyanyi. Bahkan ketika baru berusia tiga tahun, ia sudah bisa menyanyikan lagu Disney berjudul "A Whole New World".

Rupanya suasana rumah yang selalu ada suara musik, apalagi ibunya, Ria Mariaty, juga senang menyanyi, memengaruhi diri cewek yang juga laris menjadi bintang iklan itu.

Kecintaan dara mantan vokalis band Andante yang dibentuk musisi Kevin Aprilio itu kepada musik Indonesia sangat besar. Ia ingin ikut memajukan musik Indonesia sekaligus mengedukasi masyarakat dengan cara terus membuat musik bagus yang bisa membuat pendengar mengerti dan menambah ilmu.

Apakah keluarga besar ada yang menekuni bidang seni? Apa rencana Raisa jika sudah tidak eksis lagi di dunia tarik suara?
(Indri Hapsari Tiaryani, xxxx@yahoo.co.id)

Kebetulan ibu saya juga menyanyi dan setiap pagi di rumah selalu ada musik. Saya rasa awalnya dari situ, ya. Kalau sudah tidak menyanyi lagi, saya akan tetap menjadi penulis lagu dan memproduksi lagu. Tapi untuk sekarang, saya tidak mau berpikir ke sana dulu. Saya maunya tetap menyanyi.

Apa, sih, rahasia sukses dan usaha Raisa agar selalu tampil menawan di depan banyak orang?
(Fitria Eka Mawardie, Jakarta Selatan)

Tidak ada rahasia sukses khusus, kerja keras dan kegigihan saja. Lalu tidak gampang putus asa, tidak cepat puas, dan selalu bersyukur.

Tampil menawan? Ha-ha-ha.... Saya rasa saya selalu terlihat ”asli”, ha-ha-ha....

Singel berjudul "Serba Salah" Raisa bercerita tentang apa, apakah itu mengenai pengalaman pribadi? Apa perbedaan yang dirasakan Raisa ketika manggung bersama band Andante dengan manggung sendiri (solois)?
(Supriyono, Semarang, Jawa Tengah)

"Serba Salah" bercerita tentang pasangan yang sebenarnya sudah tidak cocok. Jadi mereka selalu bertengkar, bahkan karena masalah-masalah kecil. Keadaan seperti ini saya rasa pernah dialami semua orang, kok.

Saya merasa tidak ada kecocokan secara selera musik saja, makanya saya keluar. Menjadi solois seperti ini membuat saya benar-benar berkarya dan membuat musik "semau" saya.

Selain menjadi penyanyi dan bintang iklan, apakah ada keinginan untuk mencoba profesi lain?
(Conita Lutfia, Cakung, Jakarta Timur)

Saya ingin menjadi dekorator interior karena saya suka banget dekorasi interior.

Apa tips dan trik Raisa untuk mengimbangi pendidikan dan karier bermusik?
(Irfan Praditya Ramadhan, Banjarmasin)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com