Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andra and The Backbone Siap Dapat "Pekerjaan Rumah"

Kompas.com - 06/05/2014, 14:24 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Band Andra and The Backbone (ABB) mengaku mendapat kejutan ketika mengetahui konsep Voice of Choice, yang diusung oleh Soundrenaline 2014. Dengan konsep tersebut, setiap band Indonesia yang akan manggung dalam festival musik itu, tidak terkecuali ABB, harus menyodorkan tiga album mereka, dan para calon penonton festival musik tersebut harus memilih satu saja album dari setiap band yang akan tampil. Yang akan disajikan oleh setiap band itu adalah album yang dipilih oleh paling banyak calon penonton. Pemilihan tersebut ditutup pada Senin (5/5/2014) malam.

"Pertama kali dengar konsep tahun ini suprise juga, karena fans nge-vote album yang akan dimainkan. Ini pertama kali di Indonesia. Seru sih," kata Andra Ramadhan (gitar) sekaligus mewakili Stevie Item (gitar) dan Dedy Lisan (vokal), dalam acara Voice of Choice Soundrenaline Private Gathering, di Maverick Rooftop, Jalan Kyai Maja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (5/4/2014) malam.

Bagi ABB, kalau yang terpilih adalah album pertama mereka, yang berjudul Andra and The Backbone, mereka bagai kembali ke masa lalu, tepatnya ketika ABB baru merilis album tersebut.

"Ini kayak pertama kali ABB ada, ini balik lagi seperti ABB baru punya satu album. Kayak waktu itu kami di mana-mana hanya memainkan satu album saja," ujar Dedy.

Namun, ABB juga merasa mendapat "pekerjaan rumah" kalau para penggemar mereka, yang bersebutan Backboners, memilih album tersebut untuk Soundrenaline tahun ini, yang digelar di Surabaya, 10 Mei 2014, dan Medan, 7 Juni 2014.

"Dalam tanda kutip ini seperti PR (pekerjaan rumah), karena ada lagu lama yang enggak pernah kami bawakan lagi jadi harus me-review lagi," jelas Dedy. "Tapi, kami belum tahu mau bawakan lagu yang mana saja, tapi kebanyakan dari album pertama. Yang pasti, hapalin lagi lirik dan kordnya, akan ada aransemen yang beda, dan ada aransemen yang sama. Kami sendiri sih siap aja," timpal Andra.

ABB juga mengaku bersemangat untuk kembali menyajikan lagu-lagu lama mereka yang jarang mereka mainkan.

"Kalau saya pribadi, album yang pertama itu sejarah ya. Semua lagunya fresh, saat itu benar-benar fokus ke album itu, enggak ada kerjaan lain. Kalau enggak ada (album) itu, enggak akan ada album kedua, ketiga," ujar Andra.

"Yang pertama itu pasti istimewa, sulit dilupakan. Seperti Andra bilang, album pertama itu istimewa. Karena saya datang belakangan, album pertama itu musiknya sudah direkam semua, saya tinggal menyanyikan. Ini jadi pintu masuk awal saya ke dunia musik," tutur Dedy.

Sejak 15 April lalu, Soundrenaline 2014 telah memberikan "hak pilih" kepada para calon penonton untuk menentukan sendiri lagu-lagu, dari satu album, yang akan dibawakan di panggung festival tersebut oleh lima band Indonesia yang disodorkan oleh penyelenggara festival itu. Pemilihan tersebut mereka lakukan secara online lewat situs resmi sponsor festival itu, yang memberdayakan serta mengapresiasi kreativitas dan aspirasi penikmat seni Indonesia.

Selain ABB (dengan album-album Andra and The Backbone, Season 2, dan Love, Faith & Hope untuk dipilih), ada empat band lain dari Indonesia yang akan ditampilkan sesuai konsep Soundrenaline 2014. Mereka adalah GIGI (dengan album-album GIGI, ¾, dan Peace, Love ‘n Respect), Slank (Generasi Biroe, I Slank U, dan Tujuh), /rif (Nikmati Saja, Radja, dan Salami), serta J-ROCKS (Road to Abbey, Spirit, dan Topeng Sahabat).  Di luar lima band tersebut, yang akan manggung adalah, antara lain, Dewa 19 featuring Ari Lasso, Jamrud, KotaK, Koil, Deadsquad, Shaggydog, PAS Band, Sheila On 7, Burgerkill, The S.I.G.I.T, dan Seringai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com