Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanung Bramantyo: Pelaku Penipuan Itu Mengaku Juga Memerkosa

Kompas.com - 24/07/2014, 18:34 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara Hanung Bramantyo pada Kamis (24/7/2014) melaporkan Didik Nur Budiyanto ke polisi atas penipuan yang menggunakan nama Hanung. Dikatakan oleh Hanung, Didik dengan memanfaatkan media sosial Facebook telah melakukan penipuan sehingga para korbannya mengalami kerugian jutaan rupiah. Dikatakan pula oleh Hanung, Didik juga memerkosa salah seorang korbannya.

Hanung, yang melaporkan kejadian itu ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Mapolda Metro Jaya, mengatakan bahwa Didik menipu korbannya dengan menawarkan kesempatan mengikuti casting untuk main film. Namun, Hanung mengaku tidak pernah mengenal Didik.

"Jadi, dia itu kenalnya dengan asisten sutradara saya, Yuda Kurniawan. Dia kecewa sama Yuda, tapi enggak tahu kenapa kok malah dia gunakan nama saya untuk di Facebook," terang Hanung ketika melapor.

Hanung mengaku, selama ini banyak yang mengadu kepadanya bahwa mereka telah terkena tipu. Para korban itu mengaku dijanjikan bermain film.

"Banyak yang laporan ke saya, ada tiga atau empat orang, bilang mereka kena tipu ingin casting. Korbannya rata-rata wanita," kata Hanung.

Didik sendiri telah ditangkap oleh polisi. Ia dijebak oleh calon korban berinisial nama HS dan istri Hanung, artis peran dan produser film Zaskia A Mecca, di sebuah tempat karaoke di Senayan City, Rabu (23/7/2014) malam.

"Di sana calon korban dimintai uang sebanyak 10 juta dan begitu korbannya diminta untuk membuka baju, dia SMS istri saya. Istri saya sudah datang sama polisi," jelas Hanung.

Menurut Hanung pula, Didik mengaku pernah memerkosa salah seorang korbannya.

"Dia bilang, 'Kata Mas Hanung, harus ada adegan ranjang'," terang Hanung lagi dengan meniru ucapan Didik.

Hanung melaporkan penipuan itu dengan nomor LP 2713/VII/2014/PMJ/Dit Reskrimsus tertanggal 24 Juli 2014 dengan perkara pencemaran nama baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com