Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ian Antono: God Bless bagai Rumah dan Keluarga Sendiri

Kompas.com - 12/09/2014, 13:20 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Ian Antono, gitaris band rock legendaris Indonesia God Bless mengungkapkan bahwa grup yang dibentuk pada 1973 itu sudah menjadi seperti rumah dan keluarga sendiri, yang merupakan sesuatu yang berarti, bagi masing-masing.

Hal itu dituturkan oleh Ian dalam acara bincang-bincang musik K-akustik episode perdana, yang live streaming-nya telah diadakan di Kompas.com pada Kamis (11/9/2014) sore dari Studio Sinergi, Palmerah Barat, Jakarta Barat. Ia bercerita sekaligus mewakili rekan-rekan God Bless-nya, Ian Antono (gitar) dan Donny Fattah (bas), yang juga hadir dalam K-akustik.

"God Bless adalah keluarga, lagu 'Rumah Kita' pun bisa diartikan ke situ," kata Ian dengan memberi contoh.

"Saya pertama kali datang ke Jakarta, sempat timbul penyesalan, frustrasi, dan malu setelah pergi dari rumah, dari keluarga. Mau gimana, tetap lebih enak rumah sendiri," kenang Ian, yang berasal dari Malang, Jawa Timur.

Berkait dengan lagu populer God Bless yang berjudul "Rumah KIta", Ian, dengan gitar akustiknya, juga menerangkan soal chord asli lagu tersebut. Asal tahu saja, lagu itu sudah dibawakan oleh banyak artis musik lain, dengan beragam aransemen musik, dalam banyak kesempatan.

"Awalnya, nada dasarnya A," kata Ian sambil memainkan progresi chord lagu itu.

Dalam K-akustik, Ian juga mengatakan bahwa God Bless sering bekerja sama dengan wartawan atau penyair dalam menulis lirik lagu. Penyair Taufik Ismail, contohnya, menciptakan lirik "Panggung Sandiwara".

"Lagu ini dibuat paling cepat, di pagi hari, saat kami masih fresh. Lagunya agak aneh, dibuat mas Taufik Ismail. Saya langsung ambil gitar dan coba-coba cari nada," kisah Ian.

"Model lirik 'Panggung Sandiwara' saat itu jarang sekali, saat itu kan kebanyakan cinta-cintaan," imbuh Ian.

Mengakhiri obrolan tersebut, God Bless menyajikan secara akustik "Rumah Kita". Host K-akustik, Danie Satrio dari majalah Hai, dan mereka yang lain yang ada di Studio Sinergi, pun ikut menyanyikan lagu itu bagai paduan suara.

K-akustik merupakan program baru dalam POP Channel KVision. Setelah live streaming-nya dinikmati melalui Kompas.com, acara yang diproduksi oleh rumah produksi Sinergi itu akan ditayangkan di Pop Channel KVision dan menjadi bagian dari tayangan berita hiburan Newstar di KompasTV. Sajian dalam live streaming tersebut akan pula menjadi video on demand (VOD) pada Kompas.com sehingga bisa dinikmati kapan saja serta dipublikasi oleh sejumlah media cetak dan online lain Kelompok Kompas Gramedia. (Benedictus Gemilang Adinda)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com